Terobos Perlintasan Dikurung 3 Bulan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Terobos Perlintasan Dikurung 3 Bulan

Terobos Perlintasan Dikurung 3 Bulan

Written By Mang Raka on Selasa, 18 April 2017 | 13.00.00

-Kena Denda Rp 750 Ribu

CIKAMPEK, RAKA - Bunyi sirine pintu perlintasan tanda kereta api akan melintas, tidak lagi menjadi suara menakutkan bagi pengendara motor di Cikampek. Mereka tidak takut menyeberangi rel meski pintu perlintasan sudah turun menghalangi jalan.
Padahal, jika membaca Pasal 124 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, ada sanksi kurungan penjara tiga bulan dan denda Rp 750 ribu bagi yang nekat menerobos pintu perlintasan.
Penjaga lintasan kereta api Cikampek, Iwan Sulaeman (34) mengatakan, aturannya sudah cukup jelas. Namun sampai detik ini masyarakat lebih mementingkan emosi dibanding keselamatan. "Kereta api sesuai jam berangkatnya memang dalam satu hari selalu ada kereta api tambahan. Apalagi hari libur itu pasti adanya," ujarnya kepada Radar Karawang saat ditemui di tempat kerjanya, Senin (17/4) kemarin.
Menurutnya masyarakat sudah sering diingatkan dengan suara sirine, serta penutupan palang pintu kereta api. Namun hal itu seolah tidak memiliki resiko, terutama bagi pengendara yang sedang buru-buru sampai tujuan, sehingga melupakan keselamatan. "Kita tutup pintu sesuai pengaturan perjalanan kereta api (PPKA) Cikampek melalui sinyal buzzer. Sekalipun masih manual tidak otomatis namun hal itu terbilang aman, karena kita selain menggunakan palang pintu juga menggunakan sirine serta peluit," ujarnya.
Ia melanjutkan, masyarakat harus tahu jika aturan sudah disepelekan serta diabaikan, kemungkinan akan timbul korban. "Undang-undangnya sudah ada kok, namun terkadang masyarakat suka mengabaikan," ujarnya.
Firman (24) warga Desa Pucung mengatakan, selisih waktu antara pintu perlintasan dengan kereta api cukup lama. Hal itu membuat para pengendara kesal, dan akhirnya banyak yang menerobos. "Seharusnya jangan terlalu lama. Kan panas kalau nunggu," ujarnya. (apk/psn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template