Terminal Cikampek Jadi Tempat Pembuangan Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Terminal Cikampek Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Terminal Cikampek Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Written By Mang Raka on Rabu, 26 April 2017 | 15.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Miris. Terminal Cikampek yang sudah naik status menjadi terminal tipe A, ternyata infrastrukturnya masih jauh dari kata layak. Bahkan, terminal yang kini sudah berada di tangan Kementerian Perhubungan itu jadi tempat pembuangan sampah.
Berdasarkan pantauan Radar Karawang, ada satu bak besar yang menampung sampah dari pedagang pasar. Kebanyakan sampah yang dibuang adalah sayuran atau bahan makanan. Selain itu, sedikitnya sembilan gerobak dan truk pengangkut sampah berwarna kuning bertuliskan Dinas Cipta Karya, hilir mudik di lokasi. Para pemulung limbah plastik juga tidak ketinggalan mencari rezeki di tempat tersebut.
Kepala Terminal Cikampek Meli Yuliawati menyampaikan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Lingkungan Hidup. Namun sampai saat ini balasan surat yang berisikan himbauan jika di terminal tidak boleh lagi ada tempat pembuangan sampah belum digubris. "Kita sudah layangkan surat ke Dinas Lingkungan Hidup, tapi sampai sekarang belum ada tindakan," ujarnya kepada Radar Karawang via telepon, Selasa (25/4) kemarin.
Menurutnya, jika tempat pembuangan sampah masih berada di area terminal, sudah dipastikan pihaknya akan ditegur oleh Kementerian Perhubungan. Karena sekrang kementerian tersebut mengawasi penuh aktivitas Terminal Cikampek. "Kita juga pasti akan ditegur sama kementrian ,kalau dalam terminal masih ada sampah," tuturnya.
Petugas Terminal Cikampek Hendra menyampaikan, surat yang berisikan himbauan kepada  Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Lingkungan Hidup itu telah diberikan beberapa waktu yang lalu. Namun sampai sekarang surat tersebut belum dibalas. "Isi surat itu mengenai UU NO 2 Tahun 2014, Peraturan Menteri No 40 Tahun 2015, dan Peraturan Menteri No 123," sampainya.
Ia melanjutkan, dalam aturan yang ada sudah jelas jika terminal merupakan tempat berhentinya kendaraan roda empat seperti bus dan lainnya, bukan tempat pembungan sampah. "Terminal temapat kendaraan, mohon kerjasamanya," ujarnya.
Hingga berita ini diturunkan, Radar Karawang belum berhasil menemui kepala UPTD Pasar Cikampek. Didatangi ke kantornya, menurut pedagang pasar kantor UPTD sudah pindah beberapa hari lalu. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template