Tanah Amblas di Jomin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Tanah Amblas di Jomin

Tanah Amblas di Jomin

Written By Mang Raka on Kamis, 13 April 2017 | 11.30.00

CIKAMPEK, RAKA – Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jomin, menyebabkan tanah di depan ruko Jomin Estate yang berada di Jalan By Pass Jomin, Desa Jomin Barat, Kecamatan Kotabaru amblas.
Beruntung tidak ada korban jiwa saat kejadian tersebut. Meski begitu, jika tidak secepatnya diperbaiki, dikhawatirkan lahan yang ada di sampingnya akan ikut amblas. Bahkan bukan tidak mungkin bangunan ruko akan ikut ambruk, karena retakan tanah terus melebar.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Karawang di lokasi kejadian, ternyata di bawah permukaan tanah yang amblas terdapat saluran air besar. Sehingga, saat pondasinya tidak kuat menahan derasnya air dari bawah, pelataran ikut ambruk.
Salah seroang saksi mata, Fandi menuturkan, pelataran ruko amblas akibat hujan yang terus mengguyur wilayah Cikampek dan sekitarnya. Menurutnya, air di saluran yang berada di bawah permukaan tanah mengikis pondasi pelataran ruko. Sehingga permukaan tanah langsung amblas.
“Awalnya cuman ukuran kecil waktu malam sekitar jam 12 malam. Cuma tadi sekitar jam tigaan, hujan kembali besar sehingga aliran air di bawah begitu besar dan mengikis pondasinya sampai ukurannya begitu besar,” terang pemilik usaha Rumah Makan Aljayana itu, Rabu (12/4) sore.
Dia menceritakan, memang dua tahun sebelumnya kejadian serupa terjadi di tempat yang sama. Namun tidak sampai sebesar saat ini.  “Dua tahun yang lalu juga pernah ambruk. Cuma ukurannya kecil, lalu diperbaiki, karena di depan sepanjang ruko ini merupakan saluran air perlintasan. Jadi pas begitu limpahan air dari sana sini mengalir, karena tidak kuat pondasi yang dibangun akhirnya tanah di depan ruko kembali ambruk dan ukuran yang besar ini. Terjadi tadi (kemarin) sekitar jam 3 sore,” katanya.
Rian, warga Perumahan Jomin Estate juga menyebutkan, amblasnya tanah di depan ruko terjadi kemarin malam sekitar pukul 24.00. Untungnya, saat tanah amblas tidak ada korban jiwa ataupun kerugian materil. Ruko-ruko yang ada di sana juga dalam kondisi tutup.
“Biasanya suka ada berjejer mobil yang diparkir di depan sepanjang ruko ini, cuman waktu semalam itu tidak ada. Memang pas kondisi lebat sebelumnya tepat di atas yang ambruk ini ada material batako yang disimpan, mungkin karena tidak kuat beban di atas dan di bawahnya air yang mengalir besar karena hujan, jadi ambruk,” katanya.
Sementara, pemilik ruko yang yang halamannya amblas tidak bisa ditemui. Karena sudah lama tidak menggunakannya. “Pemiliknya tidak ada, tadi juga yang datang anak buahnya ke sini ngecek kondisinya. Katanya mau dibangun lagi dengan pondasi lebih kuat lagi,” ucap Rian.
Pedagang kopi di dekat gerbang Perumahan Jomin Estate, Embo (56) mengatakan, lubang menganga mulai membesar saat hujan kembali turun begitu deras sore kemarin sekitar pukul 15.00 Wib. Bahkan terdengar suara gemuruh yang keras. Khawatir retakan tanah di sekitar lokasi ambruk melebar san menimbulkan korban, akhirnya dipasang pembatas biar tidak ada yang mendekat. “Kami sengaja memasang tali di sekeliling khawatir ada yang lihat penasaran, kalau terlalu dekat nanti bisa ambruk dan ada korban nantinya. Kami juga langsung melapor ke pihak desa,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template