Spanduk Dukungan Tambang Mulai Muncul - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Spanduk Dukungan Tambang Mulai Muncul

Spanduk Dukungan Tambang Mulai Muncul

Written By Mang Raka on Jumat, 28 April 2017 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Spanduk berisi  dukungan terhadap kegiatan penambangan karst di Kecamatan Pangkalan, mulai terlihat terutama menjelang pelaksanaan lanjutan sidang gugatan PT Mas Putih Belitung (MPB) terhadap Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)dengan agenda pemeriksaan setempat (PS) pada Senin (8/5) mendatang.

Sementara warga yang menolak juga telah menggalang kekuatan untuk menggelar aksi penolakan saat menyambut majelis hakim dari Pengadilan tata Usaha Negara (PTUN) Bandung yang diketuai Dewi Asimah.
Nono Kusnadi, warga Kampung Citaman, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan mensinyalir spanduk bernada dukungan yang sudah terpasang di sekitar Kecamatan Pangkalan tersebut bukan dari masyarakat melainkan dari pihak perusahaan. Pasalnya, jika izin tambang skala besar itu dikabulkan, tentu saja akan melumpuhkan perekonomian penambang lokal.
"Jelas, ada warga yang sudah diprovokasi untuk mendukung niatan perusahaan dalam memperoleh izin penambangan. Buktinya, banyak spanduk yang bertebaran seolah-olah berasal dari warga, padahal itu ulah perusahaan," tandas Nono, Kamis (27/4).
Nono mengimbau agar warga berpikir jernih dan tidak mudah terhasut oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan rakyat termasuk dari pihak perusahaan. Apalagi, saat ini informasi yang menyebutkan penambangan lokal akan ditutup sangat masif bertebaran di kalangan masyarakat "Saat ini informasi terkait  penambangan baik penambangan rakyat maupun skala besar akan ditutup sudah menjadi bahan perbincangan. Sehingga banyak warga yang khawatir tambang tradisiona akan ditutup. Sehingga dengan adanya spanduk tersebut untuk memberikan kesan bahwa masyarakat mendukung. Padahal,  itu akal-akal perusahaan saja," ungkapnya.
Nono berharap, Pemkab secepatnya turun tangan memberikan sosialisasi kepada masyarakat .Sebab, jika nanti masyarakat sudah terkotak-kotak  karena kehadiran perusahaan tentu akan menimbulkan persoalan baru khususnya dalam hal kamtibmas. "Kami berharap Pemkab Karawang bersikap tegas terhadap pertambangan batu kapur di Pangkalan ini. Kemudian, pertambangan rakyat tetap dipertahankan, karena memang menjadi andalan mata pencaharian warga setempat," pungkasnya. (ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template