Siswa SDN Sukaharja 2 Kunjungi Rumah Sejarah Bung Karno - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SDN Sukaharja 2 Kunjungi Rumah Sejarah Bung Karno

Siswa SDN Sukaharja 2 Kunjungi Rumah Sejarah Bung Karno

Written By Mang Raka on Jumat, 28 April 2017 | 15.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Pembelajaran di luar kelas dalam rangka memperkenalkan tempat-tempat bersejarah di Kabupaten Karawang, para guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukaharja 2, Kecamatan Telukjambe Timur, mengajak anak muridnya berkunjung ke Monumen Rawagede, Tugu Kebulatan Tekad, dan Rumah Sejarah di Rengasdengklok. Selain berkenaan dengan pelajaran, juga berniat menanamkan karakter jiwa bangsa kepada anak, supaya lebih menghargai perjuangan pahlawan hingga terjadinya kemerdekaan.
Menurut salah satu guru SDN Sukaharja 2, Rina Amarila S.Pd, selain pembelajaran teori di dalam kelas, pendidikan luar ruang atau out door juga dinilai sangat penting dalam pertumbuh kembangan otak kanan siswa. Dalam rangka memperkenalkan sejarah Kabupaten Karawang ini, lanjut dia, merupakan pendidikan yang juga dinilai sangat penting untuk menumbuhkan jiwa sosial siswa. Mengingat, siswa akan lebih berinteraktif di luar ruangan dari pada di dalam ruangan. "Kita ajak siswa untuk terjun langsung ke lapangan, supaya mereka bisa lebih berinteraksi," katanya, kepada Radar Karawang, Kamis (27/4) kemarin.
Ia melanjutkan, Rumah Sejarah bukan satu-satunya tempat yang ia kunjungi. Monumen Rawagede yang berada di Kecamatan Rawamerta juga menjadi salah satu objek kunjungannya. Pasalnya, di sana siswa bisa melihat dan merasakam langsung bagaimana pejuangan berkorban dalam medan tempur. Dibuktikan dengan banyaknya kuburan dan patung-patung yang memggambarkan para pejuang. "Bukan hanya Rumah Sejarah, kita juga bawa siswa ke monumen Rawagede," kata dia.
Dalam rombongan ini, lanjut dia, ia membawa 110 siswa dari 4 rombongan belajar (Rombel) yang berbeda. Yakni dari kelas 4A dan B, dan kelas 5A dan B. Ia berharap kepada pemerintah setempat maupun Pemkab Karawang, agar bisa menjaga dan melestarikan Rumah Sejarah atau monunen lainnya yang berada di Kabupaten Karawang. "Mudah-mudahan monumen sejarah ini bisa bertahan terus, agar lebih banyak lagi pelajar yang mengetahui bahwa Kabupaten Karawang ini merupakan pangkal peerjuangan," pungkasnya. (rok)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template