Posyantek Promosikan Hasil Karya Masyarakat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Posyantek Promosikan Hasil Karya Masyarakat

Posyantek Promosikan Hasil Karya Masyarakat

Written By Mang Raka on Kamis, 13 April 2017 | 16.00.00

RENGASDENGKLOKI, RAKA – Untuk menggali dan mengembangkan potensi masyarakat, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Karawang melakukan pembinaan dan monitoring evaluasi pos pelayanan teknis atau posyantek teknologi (Posyantek) tepat guna di Kecamatan Rengasdengklok. Peserta yang ikut dalam posyantek teknologi tepat guna (TTG) dari 30 kecamatan di seluruh Kabupaten Karawang . Dalam posyantek tersebut, masing-masing kecamatan menunjukkan hasil karya asli dari setiap desanya.
Menurut Plt Kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, Ahmad Hidayat, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjembatani masyarakat desa yang mempunyai hasil karya untuk ditindaklanjuti dan diberdayakan, sekaligus memperkenalkan hasil karyanya tersebut ke berbagai Kecamatan Yang berada di Kabupaten Karawang. “Kita fasilitasi masyarakat yang mempunyai bakat atau karyanya untuk diperlombakan di acara ini, karena siapapun dan jenis teknologi apapun yang dianggap layak dan berguna akan terus dibina menuju perlombaan yang lebih tinggi, bisa sampai ke nasioanl,” katanya, kepada Radar Karawang, Kamis (12/4) kemarin.
Dengan adanya layanan posyantek tersebut, lanjut dia, diharapkan masyarakat dapat mengetahui hasil karya asli masyrakat Kabupaten Karawang, dan untuk selanjutnya pihak pemkab akan membina dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat mengembangkan hasil karyanya tersebut. “Selanjutnya, bagi peserta yang memenangkan perlombaan ini akan terus dibina sesuai dengan kriteria teknologinya,” ujarnya.
Sedangkan, menurut salah seorang peserta yang mewakili Kecamatan Rawamerta Abdul Kohar menyebutkan, dirinya membuat karya dari hasil limbah barang elektronik berupa inverter untuk mengubah arus DC (Direct Current) pada aki menjadi arus AC (Alternating Current) untuk penerangan lampu. Lebih lanjutnya, dirinya mengakui terkendala dalam segi permodalan, yang menyebabkan ia tidak dapat memproduksi lebih banyak. Ia juga berharap kepada Pemkab Karawang supaya membantu dalam segi permodalan, sehingga hasil karyanya dapat dirasakan oleh banyak orang. “Untuk mengembangkannya itu saya terkendala modal, kalau saja dimodali, saya siap membuat dan membuatya lebih banyak lagi, itu juga kalau diangga bermanfaat,” ungkapnya.
Dikatakannya, inventer yang mengubah arus DC menjadi AC bukan satu-satunya jenis teknologi yang ia ciptakan, ada juga charger dengan menggunakan tenaga surya. “Kalau inventer ini memang jadi ikon teknologi yang saya buat, tapi disamping itu saya juga membawa alat untuk mencharger handphone yang menggunakan tenaga surya,” pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template