Persika Merasa Dicurangi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Persika Merasa Dicurangi

Persika Merasa Dicurangi

Written By ayah satria on Selasa, 25 April 2017 | 22.30.00

Gol Balasan Lampung Sakti 'Dibantu' Wasit

KARAWANG, RAKA - Seharusnya Persika Karawang membawa pulang tiga poin hasil lawatan ke Bandar Lampung, Minggu (23/4). Namun sayang, kemenangan perdana di laga awal Liga 2 harus tertunda, setelah wasit Choirudin asal Bantul menyatakan bola hasil sepakan gelandang Lampung Sakti, Riyanto pada menit ke-69 melewati garis gawang. Setelah sebelumnya membentur mistar gawang yang dijaga Firmansyah.
Manajer Persika Rahmat Gunadi merasa wasit yang memimpin jalannya pertandingan tidak adil. "Hasilnya 1-1, tapi ini karena wasit. Makanya kami sedang mengumpulkan bukti untuk mengajukan keberatan," ujar Gunadi kepada Radar Karawang, Senin (24/4).
Dia menyampaikan, sebenarnya permainan kedua tim sama bagusnya. Bahkan Persika cenderung mendominasi permainan. Hal itu terbukti anak-anak asuhan Suimin Diharja bisa mencetak gol lewat tendangan Resky Ikhwan pada menit ke 20, memanfaatkan kemelut di depan gawang Lampung Sakti yang dijaga Endang Subrata.
Sementara, tambah Gunadi, gol balasan dari Lampung Sakti bolanya mengenai mistar gawang dan memantul ke bawah. Bahkan barisan belakang Persika mampu menyapu bola tersebut dengan baik. Tetapi sangat disayangkan wasit menilai itu adalah gol. "Rasionalnya, kalau bola itu mantulnya ke garis dalam, anak-anak susah dong mengantisipasinya," ujarnya.
Sementara selama 90 menit pertandingan, laga yang berlangsung di Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, disaksikan kurang lebih 5000 penonton. Line up Lampung Sakti sendiri di isi oleh posisi kiper Endang Subrata. Tembok pertahanan dijaga sang kapten Erik Setiawan dengan Arif Priyadi, Nova Setiantoro, dan Sigit Meiko Susanto. Posisi gelandang diisi oleh Deni Ramadhan, Diki Riyanto, Riyanto, dan Zainal Arifin. Daya gedor Lampung Sakti untuk posisi striker dipercayakan kepada Ahmad Ihwan dan Riki Sofyan.
Sementara Persika Karawang yang diarsiteki oleh Suimin Diharja menurunkan Firmansyah pada posisi penjaga gawang. Untuk posisi bek menurunkan lima bek sekaligus yakni Agus Supriyanto selaku kapten tim, Ipan Sohana, Muhammad Taufik, Rojali, dan Samsudin. Posisi gelandang coach Suimim mempercayakan kepada Andi Sopian, Iman Fathurohman, Mohammad Fadil Redian, dan Rezky Ikhwan. Posisi penyerang dipercayakan oleh Muhammad Agus Salim. Pertandingan dipimpin oleh wasit Choirudin dibantu dengan Sudirman dan Bibit Sulaiman. Peluit tanda babak pertama dibunyikan oleh wasit Choirudin asal Bantul. Persika yang mengenakan kostum merah langsung menyerang sejak menit pertama. Skuad Gajah Sakti tidak gentar meskipun diserang. Gol diperoleh kubu Persika Karawang melalui sang striker Persika Rezky Ihwan di menit 20 yang berhasil membawa Persika Karawang unggul 1-0 di babak pertama berkat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti yang tidak mampu dibendung oleh kiper Lampung Sakti Endang Subrata.
Selepas kebobolan, Erick Seriawan dkk melakukan serangan balik yang membuat pemain bertahan Persika harus menjatuhkan Riyanto. Tendangan bebas pun diperoleh Lampung Sakti namun peluang tersebut belum berhasil dikonversi menjadi gol, karena bola melambung di atas gawang. Menit ke 25 Lampung Sakti melakukan serangan melalui Riyanto yang berhasil merangsek masuk ke pertahanan Persika Karawang, dan mengirimkan umpan ke sisi sebelah kiri. Ihwan yang berada di sebelah kiri gagal memanfaatkan umpan matang tersebut. Babak pertama ditutup dengan keunggulan persika 0-1.
Dibabak kedua Pelatih Nova Arianto memasukkan Julian Mancini menggantikan Ihwan untuk memperkuat daya dobrak. Alur serangan pun kini menjadi lebih gencar. Dua menit peluit babak kedua dibunyikan Lampung Sakti mendapatkan tendangan bebas yang diambil oleh Zaenal Arifin, namun belum dapat berhasil dikonversi menjadi gol. Di menit ke 49 Lampung Sakti memperoleh peluang emas dari umpan Erick Setiawan, namun lagi-lagi tak dapat dikonversi menjadi gol oleh Rudi Hidayat yang berdiri bebas di depan tiang gawang Firmansyah.
Kedua tim bermain dengan tempo yang tinggi dan wasit pun acapkali meniup peluit, karena seringnya Lampung Sakti maupun Persika Karawang melakukan pelanggaran. Serangan Lampung Sakti berhasil membuahkan hasil pada menit ke-69, berawal dari kemelut yang terjadi di depan gawang Persika Karawang.
Riyanto berhasil memanfaatkannya dan berhasil menceploskan bola ke gawang. Gol inilah yang diprotes oleh para pemain Persika, karena bola menyentuh garis luar gawang. Namun tetap wasit mengesahkan gol tersebut. Kedua tim harus puas bermain imbang 1-1.
Pelatih Persika Karawang Suimin Diharja merasa timnya sering dirugikan oleh beberapa keputusan wasit. Suimin menilai kualitas wasit di Liga 2
ini sungguh sangat tidak baik. Permainan anak asuhnya sudah cukup baik. Beberapa kali Suimin menilai timnya memiliki peluang yang bagus untuk membobol gawang Lampung Sakti. “Tadi permainan kami sudah baik. Diciderai dengan beberapa keputusan wasit,” ujarnya.
Dari segi permainan Suimin mengatakan tidak pernah menginstruksikan pemainnya untuk sengaja menjatuhkan diri saat duel dengan pemain
lawan. Menurutnya kondisi lapangan lah yang membuat pemainnya kesulitan saat berebut bola dan terjatuh. “kita sedikitpun menyuruh
pemain untuk melakukan hal-hal yang tidak perlu. Semuanya bisa lihat tadi bagaimana sulitnya bermain dengan kondisi lapangan yang buruk seperti itu,” ujarnya.
Pelatih kepala Lampung Sakti Nova Arianto menerangkan bahwa memang di babak pertama Persika cukup menyulitkan timnnya. Nova melihat duel
panas sering terjadi di sisi lapangan tengah. Pemain Persika selalu berusaha membuat panas pemain-pemain kami. “Saya tadi menenangkan
pemain saya agar tidak terpancing emosi. Ini memang sering terjadi dalam pertandingan, salah satu strategi lawan,” ujarnya.
Vava berujar memang di laga perdana beban yang di emban pemain sangat tinggi. "Saya sengaja berubah strategi karena melihat kebutuhan permainan.”
Ujarnya. (zie/psn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template