PAUD Izzatul Islam Tanamkan Gemar Baca - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PAUD Izzatul Islam Tanamkan Gemar Baca

PAUD Izzatul Islam Tanamkan Gemar Baca

Written By ayah satria on Selasa, 25 April 2017 | 22.49.00

KARAWANG, RAKA - Buku adalah jendela dunia. Begitulah pepatah mengatakan. Hal ini pula yang ingin diterapkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Izzatul Islam, Perumahan Palm Kondang Asri. Bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah melalui program Literasi, sekolah ini mengajak anak didiknya untuk gemar membaca.
Kepala PAUD Izzatul Islam, Dewi Rahmawati, menyampaikan, untuk perayaan Hari Kartini tahun ini, dikemas dengan mengenalkan seluruh siswanya terhadap dunia teknologi media cetak. Sehingga, untuk dapat merealisasikan kegiatan tersebut, mitra partner kegiatan dengan Perpustakaan Daerah untuk menghadirkan perpustakaan keliling ke sekolahnya. "Tujuan kami, di perayaan Hari Kartini di tahun ini, seluruh pelajar di sekolah PAUD ini bisa dikenalkan dunia membaca. Karena dengan memperkenalkan dunia membaca keseluruh siswa sejak di usia dini, mereka jadi terbiasa dan gemar membaca buku hingga kelak dewasa nanti," ujarnya, kepada Radar Karawang, pekan lalu.
Uniknya, sebanyak 100 siswa PAUD Izzatul Islam Perumahan Palm Kondang Asri, nyaris rata semua senang membaca buku. Hal tersebut terbukti saat usai kegiatan membaca yang dilakukan secara bergiliran setiap kelasnya, sangat nyaris perpect cerita yang sampaikannya. "Semua siswa di sini memang senang sekali membaca buku bergambar dan dongeng, jadi pas diadakan kegiatan ini, begitu bagus antusiasnya," ucapnya.
Jadi,lanjut dia, dengan adanya kegiatan tersebut, seluruh siswa di sekolahnya dapat dipertahankan budaya membaca. Sehingga, upaya dalam menumbuhkan minat baca dikalangan generasi muda usia dini dinilai berhasil. "Karena dengan membaca buku, pastinya siswa di PAUD ini bisa menjadi orang-orang yang berwawasan luas, dan ini juga sebagai pengenalan mereka ke perpustakaan daerah," katanya.
Hal senada disampaikan, Eko Prasetiono, Tutor Mobil Pintar Perpustakaan Daerah. Menurutnya, kegiatan yang diadakan di lembaga PAUD Izzatul Islam, merupakan upaya dalam menjalankan program Literasi dikalangan pelajar. Maka dari itu, untuk saat ini, minat baca generasi muda di usia dini, memang sudah mulai meningkat dari tiga tahun kebelakang. "Jadi karena suka ada lomba juga untuk minat baca, bercerita di usia dini. Biasanya di Jakarta, pelajar yang sudah banyak gemar membaca, kini sudah banyak merupakan pelajar yang ada di Daerah daerah, itu terbukti hampir setiap tahun yang menjadi perwakilan merupakan pelajar pelajar usia dini yang berada di pedesaan," ucapnya.
Sehingga, kegiatan bertema mengenalkan alat komunikasi media cetak sejak usia dini tersebut. Merupakan kegiatan yang cemerlang. "Jadi pas begitu ada kerja sama untuk bisa memfasilitasi siswanya dalam membaca, kami sangat berantusias, karena selain adanya program perpustakaan keliling. Kami merasa pihak lembaga sangat membantu untuk menumbuhkan budaya membaca ditingkat pelajar saat ini," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template