Normalisasi Cikaranggelam Rp 600 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Normalisasi Cikaranggelam Rp 600 Juta

Normalisasi Cikaranggelam Rp 600 Juta

Written By ayah satria on Selasa, 25 April 2017 | 22.42.00

CIKAMPEK, RAKA - Warga Bumi Mutiara Indah I dan II Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, sedikit lega dengan pengerukan serta normalisasi Sungai Cikaranggelam dan Sungai Ciparage yang telah dimulai akhir pekan kemarin. Setidaknya dengan aktivitas tersebut, banjir tahunan bisa diminimalisir.
Kepala Desa Dawuan Tengah Jejen Jaenal Arifin ST menyampaikan, pelaksanaan pengerukan sampah dan normalisasi Sungai Cikaranggelam serta Sungai Ciparage akan
berlangsung bulan ini. Karena jika turun hujan, sungai itu selalu meluap dan merendam pemukiman warga. "Kita akan lakukan pegerukan sampah di sipon," ujarnya kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, hal itu dilakukan mengantisipasi banjir yang diakibatkan tidak tertahannya debit air Situ Kamojing. Menurutnya, jika pengelolaan di situ tersebut berjalan dengan baik, bisa meminimalisir banjir. "Kita bekerja sama dengan pemerintah daerah, provinsi, serta PJT. Dana yang akan disalurkan sebesar 600 juta," ujarnya.
Sekretaris Desa Dawuan Tengah Salmon Mustofa menyampaikan, kegiatan rutin normalisasi Sungai Cikaranggelam dan kali Ciparage, merupakan langkah Pemerintah Desa Dawuan Tengah dan PJT II, untuk meminimalkan dampak negatif yang selalu terjadi di musim penghujan. "Semoga kegiatan lanjutan normalisasi yang dilakukan pemdes serta PJT, dapat mengurangi dampak negatif di musim penghujan yang menimbulkan banjir," ujarnya.
Operator eksavator, Nana (34) menyampaikan, selama berhari-hari melakukan pengerukan sipon Sungai Cikaranggelam banyak kendala, karena banyaknya batang pohon di bawah sungai. "Sampah yang ada mulai dari batang pohon mana besar banget. Itu saja sih sulitnya mah," ujarnya.
Menurutnya, pemerintah setempat harus bisa mengawasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. "Kita yang kerja ada tiga orang, dua pengawas. Saya sebagai operator, ini baru pengerukan sampah, selanjutnya kita normalisasi sungai," ujarnya.(apk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template