Motor Gede Karya SMK Ristek Karawang Garang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Motor Gede Karya SMK Ristek Karawang Garang

Motor Gede Karya SMK Ristek Karawang Garang

Written By Mang Raka on Senin, 10 April 2017 | 13.00.00

-Merakit Triumph America Butuh Rp 80 Juta

KUTAWALUYA, RAKA - Merakit motor bebek atau matik sudah biasa dilakukan oleh anak-anak SMK. Tapi merakit motor gede dengan mesin impor, itu baru luar biasa.
Seperti yang dilakoni oleh anak-anak SMK Ristek Karawang. Tidak tanggung, dua motor gede mereka rakit. Dan hasilnya. Greng....Garang banget suaranya. Tampilan body juga tidak kalah ganas. Moge itu berjenis Triumph America berbasis engine Triumph impor dari Inggris, dan Choper berbasis engine Mazda 600.
Ketua Yayasan SMK Ristek Karawang Bambang Pranowo Msi mengatakan, biaya yang dikeluarkan untuk merakit moge ini mencapai Rp 80 juta. Sedangkan waktu perakitan bervariatif. Model Triumph America membutuhkan waktu satu tahun. Sedangkan Chopper butuh lima tahun. "Engine Mazda 600 rumit, dan proses pembuatan rangka serta sparepart kanibalan dari mobil," ujarnya kepada Radar Karawang, kemarin.
Meski begitu, Bambang menilai biaya tidak bisa dibandingkan dengan hasil. Yang penting, anak didiknya bisa dibekali ilmu mumpuni selama sekolah. "Satu kali praktek akan menggugurkan seribu teori," ucapnya.
Ia melanjutkan, praktek lebih cepat diserap oleh siswa daripada teori. "Kalau SMK itu kan lebih kepada prakteknya. Jadi kita sengaja menyediakan bahan untuk praktik siswa, agar mereka merasa yakin dengan kemampuannya," katanya.
Selain itu, dirinya juga mengakui proses perakitan moge terkendala kemampuan sumber daya manusia. Pasalnya, proses perakitan tanpa didampingi sang ahli. Hanya saja, pembimbing dan siswa meyakini mampu merakit moge. Dan benar saja, kendala tersebut yang membuat siswa maupun guru pembimbing lebih semangat merakit moge. "Kita optimis saja, walaupun harus menemui beberapa kegagalan. Tapi justru itu yang menjadi tantangan kita, agar moge ini bisa diselesaikan," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template