Lawan Narkoba, Kades Kerahkan Remaja Masjid - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lawan Narkoba, Kades Kerahkan Remaja Masjid

Lawan Narkoba, Kades Kerahkan Remaja Masjid

Written By ayah satria on Sabtu, 29 April 2017 | 14.42.00

TEMPURAN, RAKA - Pemerintah Desa Cikuntul memfasilitasi remaja mesjid di desanya untuk menghidupkan kembali majelis-majelis pengajian anak-anak sekolah. Hal itu dinilai perlu dilakukan sebagasi upaya mengantisipasi ancaman narkoba terhadap remaja.
Bahkan untuk itu kades tidak keberatan memporsikan Dana Bagi Hasil (DBH) luncuran tahap 2 tahun ini, untuk mensubsidi kitab-kitab salaf sebagai pedoman anak-anak usia sekolah mengaji ke sejumlah Kiai di desa itu. "Sejauh ini memang belum ada anak Desa Cikuntul yang kedapatan mengkonsumsi, korban maupun pelaku peredaran narkoba. Namun, kerawanan akan penyebaran hal itu, patut menjadi kewaspadaan pemerintahan desa," ucap Kades Cikuntul, Dede Gunawan, Jumat (28/4).
Dikatakan kades Dede, dirinya terpanggil membuat terobosan jitu untuk mendekatkan anak-anak desa ke pengajian dan pesantren. Karenanya, Irema-Irema masjid, akan dibina untuk memfasilitasi anak-anak usia sekolah agar semangat mengaji usai pulang dan akan berangkat sekolah. Tidak usah sebut Dede, orangtua memikirkan biaya mahalnya kitab-kitab kuning salafi, sebab, dirinya menyiapkan subsidi agar anak-anak desa bisa memiliki kitab sebagai pedoman pembinaan mental, itu sambungnya, diarahkan alokasi posnya dari Dana Bagi Hasil (DBH) luncuran tahap 2 tahun ini, sehingga anak-anak muda, bisa dengan mudah mempelajari, mengkaji dan ikut menyimak disiplin ilmu yang diajarkan para Kiai. "Kita siapkan subsidi untuk membeli kitab kuning bagi anak-anak desa dari DBH," ujarnya.
Dede menambahkan, banyak ulama, kiai dan ustad yang ahli Fiqh, Tasawuf dan akhlak dari Cikuntul yang siap akan hal itu. Bukan apa-apa, ini menyangkut pertanggungjawaban umaro untuk mencegah peredaran Narkoba. Sebab, ia yakin, anak-anak yang sering mengaji, setidaknya mengkaji kitab Sapinah, Tijan Adhoruri dan Jurumiyah bisa dibentengi anak-anak muda dari pelaku menyimpang.
Kades berharap, semangat orang tua masyarakat Cikuntul bisa sejalan dengan programnya ini, dan dirinya akan selalu menyampaikan subsidi kitab ini disetiap momen Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), baik isra mikraj maupun Maulid Nabi muhammad Saw. "Semoga saja subsidi kitab ini, bisa sejalan dengan program dan semangat masyarakat," pungkasnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template