Kinerja Pemkab Karawang Terendah Kedua di Jabar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Kinerja Pemkab Karawang Terendah Kedua di Jabar

Kinerja Pemkab Karawang Terendah Kedua di Jabar

Written By Mang Raka on Rabu, 26 April 2017 | 12.00.00


KARAWANG, RAKA - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi secara resmi mengeluarkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) provinsi dan kota/kabupaten dalam tiga tahun terakhir, yakni tahun 2014, 2015 dan 2016.
Hasil tersebut juga disiarkan secara terbuka kepada publik melalui laman resmi Kemenpan-RB. Di Jawa Barat, peraih penghargaan SAKIP Menpan-RB hanya diraih Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat dengan predikat A. Sedangkan Kabupaten Karawang, posisinya masih mengkhawatirkan. Dibandingkan tahun 2014, peringkat Pemkab Karawang menurun drastis. Dari predikat CC atau 52,91 point di tahun 2014, menjadi predikat C atau 48,18 pada tahun 2016. Bahkan jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Jawa Barat, pada tahun kemarin Kabupaten Karawang berada di posisi kedua terakhir.
Wakil Bupati Karawang Ahmad 'Jimmy' Zamakhsyari belum bisa menerima hasil penilaian yang dilakukan pihak Kemenpan-RB. Ia berharap predikat tersebut merupakan kabar palsu. "Mudah-mudahan kabar Karawang menduduki nomor dua dari belakang se Jawa Barat itu berita hoaks," ucapnya sembari melirik Sekretaris Daerah Teddy Rusfendi Sutisna di sela-sela Apel Hari Otonomi Daerah ke 21 di lapangan Kantor Bupati Karawang, Selasa (25/4) kemarin.
Menurut Jimmy, penilaian buruk tersebut terjadi karena kinerja organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum maksimal saat menjalankan tugas, khususnya yang terkait pada pelayanan publik. Akibatnya, Kabupaten Karawang mendapat raport merah bersama Kabupaten Pangadaran dan Sumedang. Predikat ini banyak dibully oleh masyarakat Karawang melalui media sosial. "Saya tidak tahu ini berita hoaks apa bukan, tapi memang di media sosial sudah rame," terang Jimmy.
Jimmy meminta agar seluruh  pejabat di lingkungan Pemkab Karawang secepatnya memperbaiki kinerja, dan memberikan informasi kepada masyarakat terhadap program kerjanya. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti facebook untuk menyampaikan program kerjanya. Karena media sosial sangat efektif untuk berkomunikasi dengan masyarakat. "Harusnya masing-masing OPD itu menjelaskan program kerjanya, dan kalau ada masalah juga harus dijelaskan agar masyarakat mengetahui dan memahami kendala yang terjadi. Tapi karena tidak ada penjelasan, lagi-lagi bupati dan wakil bupati yang jadi korban dibully masyarakat," ungkapnya.
Melalui siaran persnya, Menpan-RB Asman Abnur menyebut, hasil evaluasi SAKIP yang dilakukan pada tahun 2016, menunjukkan peningkatan rata-rata nilai evaluasi pada kabupaten/kota dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2016, rata-rata nilai evaluasi SAKIP kabupaten/kota adalah 49,87, ketimbang tahun 2015 yang hanya 46,92. Rendahnya tingkat akuntabilitas kabupaten/kota, dikarenakan empat faktor utama, yakni tujuan atau sasaran yang ditetapkan tidak berorientasi pada hasil, ukuran keberhasilan tidak jelas dan terukur, program/kegiatan yang ditetapkan tidak berkaitan dengan sasaran, serta rincian kegiatan tidak sesuai dengan maksud kegiatan. (ops/psn)
Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. Kpd yth Bupati n Wabup juga pejabat .. jabatan adalah amanah yg akan kita pertanggungjawabkan di dunia dan akherat. Mumpung kita msh di dunia, mari kt sama2 berembuk dg rakyat untuk menjalankan amanah ini dg jujur demi pengabdian kpd rakyat sepenuhnya. Pd zaman sahabat, seorang amir itu sangat takut, jika ada seekor hewan yg terperosok di salah satu jalan bagian manapun, yg mana wilayah itu merupakan daerah kerja seorang amir tadi, sehingga itu mrpkn tanggungjawabnya... Salam

    BalasHapus
  2. aduh gimana nih ibu bupati pak wabup..
    lebih di perhatiin lagi kinerja bawahanya. parah banget kinerja pemkab tentang pelayanan kpd masyarakat...
    terutama ibu bupati nih... ibu harus tegas donk. biar jajaranya mo bekerja lebih serius melayani masyarakat karawang kabupaten...untungnya bkn cuma karawang aj yg dpt nilai C. maju suatu daerah itu bagaimana dari bupatinya.. harus tegas. tks

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template