Keracunan Nasi Uduk Massal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Keracunan Nasi Uduk Massal

Keracunan Nasi Uduk Massal

Written By Mang Raka on Selasa, 18 April 2017 | 12.00.00

-20 Warga Cilamaya Dirawat di Puskesmas

CILAMAYA WETAN, RAKA - Keracunan massal akibat nasi uduk kembali terjadi. Kini, giliran 20 warga Desa Muara, Kecamatan Cilamaya Wetan, mengalami hal serupa, Senin (17/4).
Masyarakat mengeluhkan mual, pusing, dan muntah setelah mengkonsumsi nasi uduk yang dibelinya dari pedagang bernama Caspen, di Dusun Tanah Timbul RT 13/06, Desa Muara.
Kades Muara Iyos Rossi mengatakan, tercatat sekitar 20 orang yang mengeluhkan rasa sakit di bagian perut, mual, pusing dan muntah setelah mengkonsumsi nasi uduk. Semuanya dilarikan ke Puskesmas Cilamaya, termasuk keluarga penjual nasi uduk.
Ditambahkan Iyos, pedagang nasi uduk di Dusun Tanah Timbul RT 13/06, tersebut sudah bertahun-tahun berjualan. Sejauh ini belum diketahui pasti apa penyebab keracunan tersebut, apakah dari olahannya, bumbu, sambal atau lainnya, karena masih diuji lab pihak medis. "Ada 20 orang, termasuk keluarga pedagang yang ikut jadi korban keracunan. Sejauh ini belum diketahui penyebab pastinya dari olahan atau sambalnya," ungkapnya.
Kasubag TU UPTD Puskesmas Cilamaya Summari mengatakan, ada sekitar 17 warga yang keracunan rawat jalan di Puskesmas Cilamaya, kebanyakan dari pasien mengeluh sakit di perut, mual dan muntah-muntah hingga pusing kepala. Para korban mulai merasakan sakit 1-2 jam setelah mengkonsumsi nasi uduk. "Kita langsung tangani secara medis, baik yang rawat jalan maupun perawatan intensif, yaitu dengan infus dan obat-obat yang diperlukan," pungkasnya.
Kasie Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Mohammad Alwi mengatakan, pihaknya belum menerima laporan dari tim kaitan informasi keracunan nasi uduk tersebut. Jika ditelaah apa saja yang menjadi pemicunya, harus diuji lab terlebih dahulu. "Kita uji lab dulu dan tim sudah diturunkan," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template