Kebun Brokoli Wanasari Diserang Ulat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kebun Brokoli Wanasari Diserang Ulat

Kebun Brokoli Wanasari Diserang Ulat

Written By ayah satria on Sabtu, 29 April 2017 | 14.44.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Hamat ulat menyerang seluas 1,2 hektare kebun brokoli milik warga Desa Wanasari, Kecamatan Telukjambe Barat. Akibat serangan hama tersebut brokoli pun terancam gagal dipanen.
Serangan hama ulat ini sudah berlangsung selama dua bulan. Berbagai usaha sudah dilakukan untuk membasmi ulat tersebut, seperti menyemprotkan pestisida siang hingga  malam. Namun hal itu tidak berarti banyak. Pasalnya setiap hari ulat berkembang biak semakin banyak.
Menurut H. Olim (53) petani brokoli setempat, hama ulat tersebut menyerang sejak dua setelah dilakukan masa tanam. Ulat menggerogoti setiap daun dan kembang Brokoli.
"Sampai saat ini lahan bunga kol saya biarkan begitu saja tidak saya urus. Saya kesal sekali, masa baru saja saya tanam sekarang sudah diserang hama. Memang, bukan saja, banyak petani yang lain merugi seperti yang di wilayah Desa Parungsari," katanya.
Riswani (32) petani bunga kol dari Desa Parungsari menyampaikan hal sama.  Berbagai cara sudah dilakukan untuk melawan hama ulat. Seperti memangkas pohon yang diserang hingga habis. Hal ini dilakukan agar tidak menular ke tanaman lainnya. Kemudian memberikan obat pembasmi ulat. Tapi, usaha itu belum memuaskan. "Kami khawatir gagal panen dengan kondisi serangan ulat tersebut. Dirinya berharap pemerintah daerah khususnya dinas pertanian bisa memberikan solusi agar tanamannya itu bisa dipanen dan dirinya tidak merugi. "Saya sangat mengharapkan pemerintah bisa membantu dalam memberikan subsidi obat pembasmi hama, sebab jika tidak saya akan gagal panen,” katanya.
Senada itu petani lainnya, Asep mengaku saat harga sayuran di pasar sedang naik karena menjelang bulan ramadan, tapi karena serangan hama ini harga jadi turun. “Harga kembang kol biasanya Rp 7000 perkilogram tapi karena serangan hama harganya jadi turun Rp 3000 per kilogramnya,” tuturnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template