Karawang Minim Tenaga Pustakawan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karawang Minim Tenaga Pustakawan

Karawang Minim Tenaga Pustakawan

Written By ayah satria on Sabtu, 29 April 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Kabupaten Karawang tergolong minim tenaga pustakawan. Saat ini hanya ada dua tenaga pustakawan untuk mengocover kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.
"Kami cuman punya dua tenaga pustakawan, padahal kami sedang gencar-gencarnya melakukan gerakan literasi," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Daerah Nachrowi  M Nur, kepada Radar Karawang, Jumat (28/4).
Dia menyampaikan, sejak menjadi dinas baru, mulai jalan program mobil pintar. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah sendiir memiliki empat unit mobil. Itu secara rutin jalan ke tiap kecamatan yang ada di karawang. "Kita sudah berjalan satu kendaraan dalam satu bulan mengunjungi sekolah-sekolah, satu unit ditargetkan mendatangi 40 titik," ujarnya.
Itu baru program awal, tetapi tenaga pustakawan masih sangat terbatas. Sedangkan pihaknya memiliki niatan untuk terus meningkatkan gerakan literasi agar minat baca warga karawang terus meningkat. "Indonesia urutan kedua di dunia dari bawah minat bacanya. Kami ingin mulai dari karawang untuk meningkatkan minat baca," ujarnya.
Sementara Mila Aprilia Sari tenaga pustakawan Dinas Perputakaan dan Kearsipan Daerah, menyampaikan, untuk  koleksi bukunya sendiri jumlahnya sekitar 15 ribuan. Jenis bukunya sendiri adalah filsafat, ilmu murni, sospol dan lain - lain. "Sebenarnya jumlah buku itu sangat kurang dari cukup. Karena kalau minat baca warga karawang terus meningkat, maka akan semakin banyak warga yang membutuhkan buku," ujarnya.
Mobil keliling yang sudah berjalan sendiri, saat datang ke sekolah-sekolah disambut baik oleh anak-anak. Bahkan sebelum mobil datang, anak-anak sudah nunggu. "Waktu mobil datang, mereka langsung antri berebut untuk memilih buku yang dibaca," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template