Juara Popkab Dapat Bonus Plus Makan Bareng Bupati - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Juara Popkab Dapat Bonus Plus Makan Bareng Bupati

Juara Popkab Dapat Bonus Plus Makan Bareng Bupati

Written By Mang Raka on Rabu, 05 April 2017 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Selama dua hari, ribuan pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah pertama se-Kabupaten Karawang terlibat adu ketangkasan di gelanggang olahraga yang digelar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).
Selain Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (Popkab), digelar pula dalam waktu bersamaan Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N), serta Lomba Seni Siswa Pendidikan Agama Islam (FLS2PAI).
Kepala Disdikpora Kabupaten Karawang Dadan Sugardan mengatakan, even ini diikuti oleh 1.248 orang atlet di berbagai cabang olahraga, termasuk FLS2N dan FLS2PAI.
Dadan mengatakan, ada 9 bidang olahraga yang dipertandingkan. Sementara untuk cabor seni ada 13 bidang. "Kalau lomba di cabang olahraga itu, ada atletik, tenis meja, bulutangkis, sepakbola mini, catur, bola voli, voli mini, renang, pencak silat dan karate," sambung pejabat asal Wadas itu.
Sedangkan di cabang olahraga seni dan PAI, ada lomba tari, menyanyi solo, pidato, melukis, membatik, cipta dan baca puisi, cerita bergambar, pantonim, anggana sekar, musik tradisional, gitar solo, MTQ, MHQ, kaligrafi dan lomba cerdas cermat. Dadan melanjutkan, para peserta merupakan perwakilan siswa SD dan SMP yang tersebar di Kabupaten Karawang. Menurutnya, mereka akan memperebutkan piala bergilir serta piala tetap. "Setiap tahun (kegiatan ini) diadakan," jelasnya.
Dia lantas merinci, ada 84 SMP yang mengikuti kegiatan ini, dengan jumlah peserta 364 orang. Sementara untuk tingkat pelajar SD sebanyak 1.110 atlet yang mewakili 30 UPTD Pendidikan, berasal dari 120 sekolah. Sedangkan FLS2N dan FLS PAI untuk tingkat SD diikuti oleh 360 peserta dari 30 UPTD Pendidikan, serta 386 peserta dari 6 komisariat. Totalnya ada 746 peserta. "Jumlah peserta secara keseluruhan 2.722 orang, termasuk ofisial dan 384 pelatih," beber Dadan dalam sambutannya pada acara pembukaan.
Kegiatan tersebut sambung dia, tidak hanya sebagai ajang memperebutkan berbagai piala bergilir tahunan. Namun juga bertujuan menjaring para atlet berprestasi. "Nanti mereka dapat mewakili Karawang di tingkat provinsi dan nasional. Yang juara satu berhak untuk mewakili Kabupaten Karawang di O2SN, FLS2N dan FLS2PAI tingkat Jawa Barat nantinya," pungkasnya.
Sementara Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, persoalan menang atau kalah bukan menjadi persoalan yang utama, namun bagaimana melahirkan sesuatu yang baik yang memiliki integritas, dedikasi untuk membawa nama harum Kabupaten Karawang ke tingkat nasional.
Dia berharap, melalui kegiatan ini akan terjalin silaturahim dan persaudaraan antar pelajar, serta para guru di masing-masing sekolah. "Untuk atlet-atlet pemenang lomba nanti selain hadiah tropi, Pemerintah Kabupaten Karawang juga akan memberikan uang pembinaan bagi para juara, dan makan siang bersama dengan saya," katanya.
Piala yang diperebutkan dalam Popkab kali ini adalah piala bergilir Bupati Karawang untuk juara umum, piala tetap Disdikpora untuk juara 1, 2 dan 3.
Kegiatan yang diselenggarakan pada 2-5 April tersebut, digelar di beberapa venue terpisah, sedangkan untuk kegiatan lomba LFS2N dan LFS2PAI diselenggarakan di gedung Disdikpora. Pembukaan Popkab, FLS2N dan FLS2PAI ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati Cellica, disaksikan Ketua DPRD Karawang Toto Suripto, Kepala Disdikpora Karawang Dadan Sugardan, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Karawang. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template