Jembatan Cacaban Semakin Keropos - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Cacaban Semakin Keropos

Jembatan Cacaban Semakin Keropos

Written By ayah satria on Senin, 17 April 2017 | 15.27.00

TEGALWARU, RAKA - Kondisi jembatan Sungai Cacaban di wilayah Kampung Cikelak, Desa Cintalanggeng amat mengkhawatirkan. Bukan saja kualitas jalan yang berlubang tetapi jembatan besinya juga sudah keropos. Dikhawatirkan jika tidak cepat diperbaiki jembatan ini akan ambruk, apalagi selama ini puluhan truk bertonase berat setiap hari melintasi jembatan tersebut.
Saat ini jembatan itu hanya ditahan oleh besi penyangga dibawahnya yang menancam di dasar Sungai Cicaban. Jika intensitas airnya besar maka sebagian sampah tertahan oleh keberadaan besi sehingga warga cemas besi akan mudah tergerus oleh banjir bandang sungai Cacaban. Warga pun tidak menampik jika lalulintas kendaraan truk pengangkut material dari PT. Atlasindo pun salah satu penyumbang kerusakan jembatan. Belum ada dari pihak manapun yang berniat memperbaiki jembatan. Sementara warga berharap jembatan itu bisa diperbaiki secepatnya agar tidak menimbulkan masalah apalagi rusak hingga terputus.
Oman (44) Warga Kampung Cikelak menuturkan, dirinya merasa was-was terhadap  kondisi jembatan. Sementara warga cukup menggantungkan aktivitas keseharian mereka dengan adanya jembatan itu. Kini kendaraan sejenis minibus tidak bisa secara bersamaan melintas jembatan itu karena di khawatirkan malah membuat jembatan semakin rusak.
"Mestinya ini sudah secepatnya diperbaiki jembatan itu agar tidak menimbulkan masalah, sementara akses jembatan itu cukup penting sekali. Lalulintas pun cukup dinamis dan kendaraan besar pengakut material yang lalu lalang ke PT. Atlasindo pun salah satu penyumbang rusaknya jembatan dan jalan," tandasnya.
Sementara Iwar (41) Warga Kampung Cikelak yang lain menyampaikan jika beberapa warga sebelumnya pernah melakukan mediasi perihal keberadaan jalan rusak yang ikut terlibat dalam rapat dengan PT. Atlasindo selain muspika Kecamatan Tegalwaru. Warga berharap pihak perusahaan bisa memperbaiki jalan yang rusak yang disebabkan lalulalangnya kendaraan operasional perusahaan tersebut. "Kemarin sudah ada pembicaraan tripartit terkait pembahasan masalah jalan. Yang pada intinya warga pengen semua jalan diperbaiki. Harapannya warga sudah tidak lagi kesulitan melintasi akses utama jalan tersebut. Dan yang saya khawatirkan jembatan itu merupakan sarana penting bagi lalu lintas masyarakat," katanya.
Plt. Camat Tegalwaru, H. Udin Samsudin SH saat dikonfirmasi tidak menamping memang susah melakukan rapat musyawarah terkait persoalan jalan. Dirinya pun kini tengah berkoordinasi dengan Humas PT. Atlasindo agar secepatnya melakukan class action terkait perbaikan jalan bagi masyarakat. "Secepatnya jalan akan diperbaiki agar tidak lagi menimbulkan permasalahan dan polemik," ungkapnya.
Menyinggung soal izin produksi PT. Atlasindo apakah diperpanjang atau tidak, Plt. Camat Tegalwaru, Udin menerangkan jika dirinya belum tahu secara jelas. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template