Jalan Beton Amblas di Cilamaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Beton Amblas di Cilamaya

Jalan Beton Amblas di Cilamaya

Written By ayah satria on Sabtu, 15 April 2017 | 12.15.00

CILAMAYA, RAKA - Kerusakan jalan yang menghubungkan Desa Cikalong dan Sukatani, Kecamatan Cilamaya Wetan, banyak dikeluhkan masyarakat. Karena merupakan jalur alternatif yang juga menghubungkan dengan beberapa desa lainnya.
Selain jalan yang terputus akibat rusak parah dan ditanami padi oleh warga Kampung Gebangmalang, Desa Sukatani, masih di ruas jalan yang sama terdapat jalan beton yang amblas. Namun posisinya berada di Desa Cikalong.
Ahmad (37), pengguna jalan asal Sukakerta mengatakan, dirinya sudah melihat jalan amblas tersebut cukup lama. Sayangnya, tidak kunjung diperbaiki. "Hampir satu tahun yang lalu sudah ambles, malah sekarang makin besar," ujarnya.
Dia berharap pemerintah sigap, begitu rusak langsung ditangani. Tidak dibiarkan berlarut-larut. "Seperti yang di Gebangmalang itu, ditanami padi oleh warga karena pemerintah tidak peduli. Padahal jalur ini penting bagi ekonomi masyarakat. Kalau jalan ini ditutup mau lewat mana? Kan harus muter, jauh," sesalnya.
Kepala Desa Cikalong H Lili Hermanto mengatakan, akses jalan Cikalong-Sukatani merupakan jalur alternatif. Namun keberadaannya penting bagi masyarakat Cilamaya Wetan. Sayangnya, dua titik memang membuat pengendara roda dua berpikir ulang. Karena selain di Kampung Gebangmalang yang jalannya rusak parah dan ditanami padi, pemandangan jalan amblas juga terdapat di wilayah yang berbatasan dengan desanya. Tepatnya setelah tugu perbatasan Desa Cikalong-Desa Mekarmaya.
Yang disayangkannya, jalanan itu belum lama dibangun. Dia menduga, mungkin karena kontur tanah yang berdekatan dengan sawah dan irigasi sehingga menjadi cepat retak. "Iya itu di perbatasan jalanan jelek, padahal itu jalan alternatif," ujarnya.
Dihubungi terpisah, Kepala Desa Cikarang Tajudin Noor mengatakan, jalan beton tersebut tergolong baru dibangun, karena kurang dari 2 tahun. Sayangnya sudah rusak lagi. Dia enggan menduga-duga penyebabnya, entah karena faktor atau masalah material. Yang jelas, jalanan beton tersebut sudah mengancam pengendara karena keroakannya sudah hampir separuh badan jalan. Kata Tajudin, jalan beton yang amblas itu masuk ke Desa Mekarmaya yang berbatasan langsung dengan Desa Cikalong dan Sukatani.
Sementara itu, Sekretaris Desa Sukatani H Iqbal mengatakan, jalan rusak yang ditanami padi di Kampung Gebangmalang RT 01/01, dilakukan oleh warganya. Dijelaskannya, hal tersebut merupakan bentuk kekecewaan masyarakat. "Pihak desa tidak bisa membendung, karena jalanan yang dulunya hotmix itu semakin mirip kubangan," ujarnya.
Bahkan katanya, sudah hampir setahun jalan tersebut sudah tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Diakuinya, pihaknya sudah berulangkali mengajukan realisasi perbaikan jalan ke Dinas PUPR, termasuk disela-sela kegiatan peresmian kantor desa di hadapan bupati. Disebutkannya, koordinasi yang dilakukannya langsung dengan Dinas PUPR, jalanan tersebut rencananya akan perbaiki tahun ini sepanjang 700 meter. Ditambah, 150 meter ke perbatasan Mekarmaya-Cikalong.
Dia berharap, tahun ini bisa benar-benar direalisasikan, karena sangat menghambat aktivitas warga selama setahun terakhir. "Ini proyek PUPR, bukan aspirasi DPRD. Rencananya tahun ini, tapi masih menunggu lelang dulu," ujarnya.
Sayangnya, Kepala Dinas PuPR Kabupaten Karawang tidak bisa dihubungi. Beberapa nomor ponselnya bernada tidak aktif. (rud/fiq)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template