Jadwal UNBK Molor 2 Jam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jadwal UNBK Molor 2 Jam

Jadwal UNBK Molor 2 Jam

Written By Mang Raka on Selasa, 11 April 2017 | 15.00.00

*Peserta Ujian Dipaksa Menunggu Sampai Sore

KARAWANG, RAKA - Berbagai persiapan dilakukan menjelang pelaksanaan Ujian Nasioal Berbasis Komputer (UNBK) sejak beberapa hari kemarin. Namun sayangnya kendala saat pelaksanaan ujian masih saja terjadi.

Seperti berlangsung di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Klari, Senin (10/04), puluhan siswa terpaksa mengikuti ujian sampai sore hari karena mengalami server mengalami gangguan jaringan selama 2 jam. Akibatnya, jadwal pelaksanaan ujian nasional yang seharusnya dimulai sejak pukul 08.00 Wib untuk sesi pertama molor menjadi jam 10.00 Wib.
Kepala SMAN 2 Klari, H.Unang Suryawan Mpd menyampaikan, kejadian tersebut diluar dugaanya karena sebelumnya berbagai persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Namun tetap saja ada kendala saat pelaksanaan ujian. "Untuk hari ini (kemaren, red) jadwalnya diundur, ada kemungkinan untuk sesi ke tiga bisa sampai magrib," katanya.
Dia menjelaskan bahwa apa yang tengah dialaminya tersebut mungkin bukan saja terjadi pada sekolah yang tengah dipimpinnya saja. Melainkan dari semua sekolah yang tengah melaksanakan UNBK mengalami hal yang sama. "Mungkin semua sekolah juga sama, tapi kurang tahu juga," tuturnya.
Bukan hanya itu, demi kelancaraan pelaksanaan UNBK di hari pertama tersebut dirinya berharap tidak akan ada lagi kendala yang terjadi. Maka selang beberapa jam setelah melakukan perbaikan dia meminta kepada pihak yang bertugas untuk segera menyelesaikannya. "Setelah ada kendala langsung hubungi proktor kabupaten dan saat diperiksa memang ada kendala di server," ucapnya.
Proktor Kabupaten, Nasri yang tidak lama datang langsung melakukan perbaikan dan menjelaskan bahwa kendala tersebut terjadi karena kurang maksimalnya sarana dan prasarana internet. Seperti penggunaan internet kabel mesti diganti dengan werbas. "Internetnya keganggu, lebih baik beli modem beli kouta biar sinkron," jelasnya.
Ketua Panitia UNBK SMAN 2 Klari, Dedi Mulyadi S.Sos mengatakan untuk saat ini pihak sekolah hanya akan melakukan pemunduran jadwal UNBK dan melakukan perbaikan dengan akan membeli kouta agar kejadian tersebut tidak akan terulang kembali. "Kalau menggunakan wifi kita tahu sendiri sinyalnya kadang bagus kadang jelek, besok kita menggunakan internet LAN biar lancar," ungkapnya.
Pasca kejadian Dedi langsung melaporkan kendala tersebut ke propinsi dan dari propinsi memintanya untuk mengganti server. " Alhamdulilah sekarang sudah ganti server, jadikan pelajaran saja buat kedepannya, soalnya baru pertama kali juga kita mengadain UNBK di sekolah sendiri," ucapnya.
Sementara peserta UNBK, Ananda Linda siswa kelas 12 Jurusan IPS mengaku sedikit kecewa karena baginya dia sudah datang ke sekolah yang sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan dan itu butuh pengorban. "Kebagian sesi kedua seharusnya mulai jam 10 karena ada kendala jadi di undur jam 1 siang," akunya.
Padahal sebelumnya siswi yang dikenal paling aktif diantara teman-temannya itu sudah melakukan persiapan sebaik mungkin yaitu dengan belajar mengerjakan soal-soal ujian berdoa dan meminta restu kepada orangtua agar pelaksanaanya berjalan dengan lancar. "Mau gimana lagi yang penting bisa lulus saja bisa ikutan UNBK hari ini, asal jangan diundur apalagi ikut susulan," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template