Jabatan Kades Makin Empuk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Jabatan Kades Makin Empuk

Jabatan Kades Makin Empuk

Written By Mang Raka on Jumat, 28 April 2017 | 12.30.00

-Delapan Pilkades, 7 Kades Maju Lagi

KARAWANG, RAKA - Jabatan kepala desa rupanya empuk. Apalagi, saat ini desa diguyur anggaran yang jumlahnya miliaran rupiah. Membuat para kepala desa enggan menanggalkan kursinya.
Dari delapan desa di Kabupaten Karawang yang menggelar pemilihan kepala desa tahun ini, 7 kades diantaranya akan bertarung lagi untuk mempertahankan jabatan.
Saat ini, pemilihan kepala desa serentak tahun 2017 sudah memasuki tahan penetapan calon kades. Para bakal calon kades tingggal menunggu tes pencalonan yang akan digelar di Universitas Buana Perjuangan (UBP) tanggal 2 Mei mendatang.
Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Wawan Hernawan mengatakan, balon kades yang resmi lulus administrasi 27 orang. Dari delapan desa hanya Desa Payungsari, Kecamatan Pedes, tanpa incumbent. "Setelah tes di UBP, baru penetapan calon kades," kata Wawan saat ditemui Radar Karawang di ruang kerjanya, Kamis (27/4).
Meski desa yang menggelar pilkades tergolong sedikit, kata Wawan cukup melelahkan. Karena ada aturan yang menyatakan bahwa calon kades boleh bukan warga setempat. "Di Karawang ada salah satu balon kades yang tempat tinggalnya dari desa tetangga, yaitu Desa Tanjungmekar, Kecamatan Pakisjaya," ujarnya.
Ia melanjutkan, persoalan tersebut saat ini sudah tuntas. Karena sudah keluar surat edaran dari Menteri Dalam Negeri, agar pelaksanaan pilkades mengikuti aturan perundang-undangan yang ada. Mesi demikian, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, mayoritas desa diwarnai dengan keikutsertaan incumbent. Termasuk ada balon dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD). "Desa Wanakerta ada mantan kades, Cikampek Utara, Sarimulya, Balongsari, Tanjungmekar, Cikampek Selatan dan Jatisari semua incumbent ikut naik. Bahkan untuk Desa Cikampek Selatan, anggota BPD juga ikut nyalon," bebernya.
Dia berharap semua pihak bisa sama-sama melakukan pengawasan, agar pelaksanaan pilkades bisa berjalan dengan lancar. "Nanti tesnya di UBP. Silahkan pantau yah," ujarnya.
Sementara Ketua Panitia Pilkades Sarimulya Nurkinan mengatakan, sampai saat ini proses tahapan pilkades berjalan lancar. Dia berharap kondisi seperti ini tetap bisa dipertahankan sampai pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini selesai. "Tentu harapan kita semua, pilkades bisa berjalan lancar. Makanya kami sebagai panitia akan menjalankan tugas sebaik mungkin," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template