Hutang PDAM Tidak Hangus Meski Berubah Status - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hutang PDAM Tidak Hangus Meski Berubah Status

Hutang PDAM Tidak Hangus Meski Berubah Status

Written By ayah satria on Selasa, 25 April 2017 | 22.37.00

KARAWANG, RAKA - Hutang maupun piutang BUMD PDAM akan tetap ada meskipun adanya perubahan status menjadi perseroan terbatas (PT). Saat ini proses perubahan status sedang dikaji oleh pihak akademisi.
"Untuk perubahan status baru pada pembahasan naskah akademis (NA) oleh pihak UBP," kata Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Pemda Karawang, Heri, baru-baru ini. Pengkajian oleh pihak akademisi kaitannya dengan RUPS PDAM, nanti akam seperti apa perubahan tersebut dari PD ke PT. Karena yang namanya PT harus diurus mulai dari tingkatan notaria sampai kementeriam hukum dan ham (menkumham).
"Perubahan status itu amanat undang-undang. Jadi kalau soal piutang itu tetap. Tidak bisa hilang," ujarnya. Untuk dasar hukumnya sendiri, tambah Heri, uu no 23 tahun 2014 tentang otonomi daerah (Otda), kemudian tuunan dari uu tersebut kaitan dengan perubahan status dari PD ke PT masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP).
Kemudian ada juga UU Perseroan Terbatas (PT). Karenanya kemungkinan nanti akan membuat konsederan raperdanya dengan mengacu kepada kedua aturan tersebut. "Untuk BPR dan PDAM masuk ko agenda pembahasan raperda oleh dewan tahun ini (2017)," ujarnya.
Disamping sedang adanya pembahasan perubahan status saat ini juga swdang dilakukan persiapan pergantian direksi. Bahkan dia mengaku saat ini pihaknya sudah melayangkan surat kepada dewan pengawas yang isinya tentang seleksi direksi. Untuk panitia seleksinya sendiri, diserahkan kepad pihak dewan pengawas kemudian nanti dikonsultasikan atau dirapatkan bersama pemda selaku komisaris. "Jadi baik perubahan status maupun pergantian direksi itu merupakan  agenda yang berbeda dan semuanya berjalan masing-masing sesuai ketentuan yang berlaku," pungkasnya. (Zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template