Hari Pertama UNBK, Kabel Server Putus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hari Pertama UNBK, Kabel Server Putus

Hari Pertama UNBK, Kabel Server Putus

Written By Mang Raka on Selasa, 04 April 2017 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diikuti oleh 15.326 siswa dari 101 SMK negeri dan swasta di Kabupaten Karawang, Senin (3/4) kemarin.
Ketua Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK Kabupaten Karawang H Caya Suryana mengatakan, tidak ada hambatan berarti yang dialami para peserta. Hanya saja ada info di SMK Korpri terjadi sedikit gangguan, karena kabel yang menghubungkan ke server sempat terputus oleh peserta UNBK. "Tapi langsung beres kok. Jadi gak ada masalah apa-apa. Makanya kami berharap sampai selesai pelaksanaan UNBK tidak ada hambatan apa-apa," ujarnya kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, selama UNBK berlangsung, bagi sekolah yang jumlah pesertanya banyak, dilakukan lebih dari satu shift dengan durasi 90 menit. Dia mencontohkan, di sekolah yang dipimpinnya yaitu SMK PGRI 1 Karawang, jumlah pesertanya sebanyak 265 siswa, menggunakan 120 unit komputer.
"UNBK digelar selama empat hari sampai tanggal 6 April 2017," ujarnya.
Sementara menurut Kepala SMK PGRI Cikampek H Yayan Budi Sopyan, sekolah yang dipimpinnya baru pertama kali melaksanakan UNBK. Karena tahun ini seluruh SMK wajib UNBK. "Alhamdulillah berjalan dengan lancar di hari pertama, tidak ada kendala apapun," ucapnya.
Peserta UNBK di sekolahnya diikuti 218 siswa, dari tiga jurusan yakni Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). "TKR 106 peserta, TPMI 95 peserta dan RPL 17 peserta. Jadi total yang ikut UNBK adalah 218 peserta ujian," paparnya.
Dia optimis meski baru pertama kali melaksanakan UNBK di sekolahnya, para peserta didik akan mampu menyelesaikan soal-soal mata pelajaran yang menjadi bagian dari materi ujian. "Para peserta didik tidak lagi grogi menghadapi soal UNBK," jelasnya.
Sekretaris Panitia UNBK SMK PGRI Cikampek Agus Hernawan menyampaikan, pelaksanaan UNBK dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 3 - 6 April 2017. Setiap harinya hanya satu mata pelajaran yang diujikan, dengan soal pilihan ganda. "Untuk hari pertama bahasa Indonesia 50 soal, hari kedua matematika 50 soal, hari ketiga bahasa Inggris 50 soal, dan hari terahir 40 soal mata pelajar teori kejuruan," ucapnya.
Meski hari pertama berjalan lancar, dia tetap saja merasa hawatir adanya gangguan listrik. Oleh karenanya, pihak sekolah sudah melayangkan surat kepada PLN Rayon Cikampek, agar tidak terjadi pemadaman listrik pada saat UNBK. "Sedangkan siswa yang tidak mengikuti ujian karena sakit, bisa susulan tanggal 18-19 April mendatang," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template