Hama Wereng Serang Pesawahan Darangdan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hama Wereng Serang Pesawahan Darangdan

Hama Wereng Serang Pesawahan Darangdan

Written By ayah satria on Selasa, 25 April 2017 | 22.46.00

DARANGDAN,RAKA - Para petani di Kecamatan Darangdan, mengeluhkan maraknya hama wereng yang menyerang sawah pertanian meraka. Hal itu berakibat pada menurunya hasil panen padi mereka.
Hasanudin (55), salah satu petani di Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan yang mengatakan, hama wereng mulai menyerang tanaman padi membuat pucuk buah padi gosong sebelum mengembang. Meski buah padi terlihat bagus, namun dia mengatakan tetap tidak berisi. "Di masa panen ini sawah banyak hama wereng menyerang sawah," ujarnya, Senin (24/4).
Ia menjelaskan, jika dibandingkan dengan musim tanam sebelumnya, sawah satu hektare miliknya dapat menghasilkan sekitar enam ton, namun untuk tahun ini hanya setelah banyaknya hama mulai menyerang dia mengaku pesimis jika pendapatan hasil panen tidak seperti tahun sebelumnya. Apalagi ditambah harga gabah padi kering di tengkulak tak menentu mengakibatkan para petani mengaku akan mengalami penurunan. "Kalau panen sebelumnya padi tidak kena hama wereng, jadi hasil panennya lebih banyak ketimbang panen sekarang pun begitu dengan harga saya belum tau harga padi sekarang takutnya turun. Hama yang sering menyerang benih padi saat musim penghujan adalah ulat dan hama wereng yang mengakibatkan daun padi menjadi memerah dan rusak," katanya.
Menurutnya, selain kedua hama tersebut, yang juga sering mengganggu tanaman padi yang sudah berbuah adalah hama tikus. "Belum lama ini, saya sudah melakukan penyemprotan padi guna mengantisipasi datangnya hama. Kalau untuk membasmi tikus hanya menggunakan racun dan cukup berhasil," ungkapnya.
Kekhwatiran yang sama juga dirasakan oleh petani setempat lainnya, Ai (48), menurutnya untuk mengantisipasi hal tersebut para petani lebih sering mengeluarkan biaya perawatan yang lebih besar lagi agar benih padi yang sudah di tanam tetap terjaga dari hama. "  hama datang saat musim hujan," kata Ai.
Dia katakan berikutnya, bercocok tanam padi pada musim penghujan sangat rentan terkena hama dan harus sering dikontrol. "Sudah dua minggu padi karena terserang hama. Karena musim hujan hama wereng, ulat dan keong sering datang, walaupun sudah di ditebar obat hama tetapi masih saja ada," katanya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template