Hadis: Tidak Ada Rekening Liar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hadis: Tidak Ada Rekening Liar

Hadis: Tidak Ada Rekening Liar

Written By Mang Raka on Sabtu, 15 April 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Karawang Hadis Herdiana menjamin tidak ada rekening ilegal atau atau liar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Karawang. Ratusan rekening itu keseluruhan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Karawang.

"Kami juga melakukan koreksi, ternyata yang disebutkan rekening ilegal itu malah justru yang legal. Kalau pun, temuan rekening itu berdasarkan hasil temuan BPK, nyatanya sampai sekarang pun BPK masih melakukan audit," kata Hadis ketika ditemui di kantornya, kemarin. Hadis menanggapi tudingan soal rekening ilegal OPD yang mencapai 286 rekening yang merupakan temua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Namun, Hadis juga tidak menampik jika ada rekening-rekening yang dicurigai tidak sesuai dengan aturan. Sejauh ini, kata dia, rekening-rekening yang dicurigai itu adalah kebanyakan rekening tabungan sekolah yang digunakan untuk mengelola dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang.
Seharusnya, jelas dia, rekening tabungan sekolah itu berbentuk giro. "Kami juga sudah mulai melakukan penertiban terhadap rekening-rekening liar itu. Sejauh ini yang kami ketahui jumlahnya tidak lebih dari 30 rekening yang dikelola oleh pihak sekolah," tuturnya.
Dia menyebutkan, temuan rekening-rekening liar tersebut memang tidak hanya ada di Kabupaten Karawang saja, tapi di daerah lain juga banyak ditemukan. Tujuannya, untuk mempermudah proses menurunkan dana BOS ke pihak sekolah. "Walau pun tujuannya baik, tapi caranya salah, ya pasti ditertibkan," ujarnya.
Untuk OPD lainnya, Hadis memastikan tidak ada rekening liar. Sebab, untuk mengalirkan anggaran kegiatan sudah ada mekanisme bakunya. Sehingga, tidak mungkin ada yang berani main-main, apalagi OPD besar. "Kalau OPD lainnya, relatif tertib. Kami juga tidak terlalu khawatir, karena sudah ada mekanisme bakunya," ucapnya.
Sebelumnmya praktisi hukum Asep Agustian, membludaknya rekening ilegal ini membuktikan pemerintah Kabupaten Karawang tidak mampu melakukan pengawasan kepada jajarannya dalam mengelola keuangan daerah. Dia menilai fungsi sekretaris daerah (Sekda) yang dijabat oleh Teddy Ruspendi tidak bisa berjalan optimal sebagai kordinator OPD (organisasi perangkat daerah).
Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Teddy Ruspendi pun sempat membantah jika Pemkab Karawang memiliki rekening ilegal. Meski begitu dia mengakui sebelumnya memang pernah ada rekening bodong namun sudah ditertibkan sehingga saat ini semua rekening tersebut masih dalam kontrol pemerintah. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template