Gerbang Desa Mulyajaya Dilengkapi Metal Detector - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gerbang Desa Mulyajaya Dilengkapi Metal Detector

Gerbang Desa Mulyajaya Dilengkapi Metal Detector

Written By Mang Raka on Sabtu, 15 April 2017 | 14.00.00

- Angka Pencurian Menurun


KUTAWALUYA, RAKA – Guna menekan tingginya tingkat kriminalitas seperti pencurian dilingkungan desa, pemerintah Desa Mulyajaya, Kecamatan Kutawaluya berinovasi dengan membuat gerbang keamanan di 3 titik perbatasan desa yang disertai dengan sistem sensor metal detector.
Kepala Desa Mulyajaya, Endang, mengatakan, pembangunan gerbang dan pemasangan alat sensor metal detector tersebut, ia lakukan karena di desanya sering menjadi sasaran empuk bagi pencuri. Maraknya kejahatan pencurian yang akhir-akhir ini terjadi membuat pemerintah Desa Mulyajaya berinovasi membangun pintu gerbang di 3 titik perbatasan desa. Bukan hanya itu, gerbang-gerbang tersebut dilengkapi dengan sistem keamanan dengan menggunakan sensor metal detector. “Saya ingin menjaga lingkungan dan masyarakat saya agar tetap aman, maka dari itu kita pasang sensor ditiap titik perbatasan desa,” katanya, kepada Radar Karawang.
Menurutnya, sensor tersebut dihubungkan antara 1 gerbang dengan gerbang lainnya, di mana sinar sensor tersebut mengelilingi desa, mengingat teritorial Desa Mulyajaya yang terbilang terpencil dan dikelilingi oleh sawah. Adapun lokasi desa yang terpencil yang terletak di tengah tengah sawah, kendatipun harus menggelontorkan anggaran yang cukup fantastis untuk membangun gerbang dan alat sendor tersebut, namun dirinya mengaku puas.
Pasalnya, pasca dibangun gerbang desa dan alat sensor tersebut,  tindak kejahatan pencurian di desanya sudah hampir tidak ada. “Alhamdulillah hasilnya memuaskan, sampai sekarang tidak ada lagi pencuri yang berhasil lolos dari laser ini, tapi biayanya itu loh, sampai saya harus mengeluarkan uang Rp 125 jutaan. Tapi gak apa-apa, yang pening desa aman, dan saya merasa puas,” terang dia.
Selain itu, terang dia, selain menggunakan alat sensor metal detector, keamanan desa juga dilengkapi dengan drone yang sengaja ia persiapkan untuk memantau lingkungan dan mayarakatnya dari udara. “Kita juga punya drone, supaya kita bisa melihat lingkungan kita dari atas, dan juga memantau pegawai kita yang berada di lapangan,” pungkasnya. (rok)

Tiga gerbang metal detector yang dibangun
- Gerbang I Dusun Cibanteng I yang berbatasan dengan Desa Karyasari
- Gerbang II Dusun Cibanteng II yang berbatasan dengan Sindangmulya
- Gerbang III Dusun Cibanteng III yang berbatasan dengan Sindangmulya
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template