Gapura Mangga akan Dibangun di Sumberjaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gapura Mangga akan Dibangun di Sumberjaya

Gapura Mangga akan Dibangun di Sumberjaya

Written By Mang Raka on Kamis, 13 April 2017 | 15.30.00

TEMPURAN, RAKA - Menjadi lumbung buah mangga terbesar di Karawang membuat Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran berencana membangun gapura Pemukiman Mangga setinggi 5 meter. Betapa tidak, varian mangga yang subur dan berproduksi ratusan ton perhari ini, menjadi penyangga ekonomi masyarakat di desa bekas lokasi utama Pelabuhan Cilamaya tersebut.

Kades Sumberjaya Kasman Ebod mengatakan, pihaknya menganggarkan pembangunan gapura selamat datang di pemukiman mangga sebesar Rp 50 juta di pos Alokasi Dana Desa (ADD) tahun ini. Berdampingan dengan tugu mangga yang dibuat Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), gapura selamat datang ini dibangun setinggi 5 meter dan lebar masing-masing kurang dari 2 X 2 meter.
Sehingga, dengan simbolisasi Mangga melalui Gapura ini semakin meyakinkan masyarakat Sumberjaya bahwa desanya nyata sebagai sentral mangga terbesar di Karawang.
Anggaran ADD, memang kabarnya baru akan turun sekitar bulan Mei mendatang, namun spek dan sebagian pembangunan Gapura menggunakan dana talangan terlebih dahulu agar tidak direpotkan jelang Idul Fitri nanti. "Kita bangun Gapura Mangga dengan perkiraan biaya mencapai Rp 50 juta tahun ini, dan anggarannya diambil dari ADD. Insyaallah lancar," ungkapnya.
Lebih jauh Ebod menambahkan, pembangunan Gapura yang didepan gerbangnya akan bertuliskan  "Selamat Datang di Pemukiman Mangga" dan dibelakangnya tertulis "Terimakasih Atas Kunjungannya" ini, juga akan dibalut patung-patung mangga dan pencahayaan lampu yang menarik. Ini sangat indah dan selaras dengan kondisi yang ada di desanya yang rata-rata bermata pencaharian sebagai petani Mangga.
Bahkan dalam sehari bisa menghasilkan ratusan ton mangga yang di suplay ke Jakarta, Bogor, hingga Sumatera. Karenanya, ia berharap, simbolisasi ini bisa semakin menyedot pemodal untuk sama-sama mengembangkan dan membeli mangga-mangga khas Sumberjaya yang ditanam melalui perawatan khusus di kebun dengan jumlah ribuan hektar dengan puluhan kelompok dan bandarnya. "Wajar saja kita bikin Gapura, kan sehari kita mampu memperoduksi ratusan ton mangga, ini terbesar di Karawang," Ujarnya.
Ebod berharap, kedepan, mangga di Sumberjaya semakin menjanjikan kualitasnya, sekaligus pangsa pasarnya juga bisa luas, disamping juga ia siapkan akses-akses jalannya yag mulus dari Aspirasi DPRD maupun sumber anggaran lainnya. "Gapuranya masih tahap pembangunan, butuh waktu sekitar 2 bulanan sampai rampung," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template