Eceng Gondok Diolah Jadi Pupuk Kompos - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Eceng Gondok Diolah Jadi Pupuk Kompos

Eceng Gondok Diolah Jadi Pupuk Kompos

Written By Mang Raka on Rabu, 05 April 2017 | 14.30.00

TIRTAJAYA, RAKA - Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Tirtajaya, mampu mengolah eceng gondok menjadi pupuk kompos. Siswa dibimbing para guru yang mumpuni dibidangnya, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan.
Ahmad Sidiq, pembantu kepala sekolah (PKS), mengatakan, potensi yang ada pada diri siswa sebenarnya besar dan beragam. Pihak sekolah hanya membutuhkan kesabaran dan memberikan bimbingan kepada siswa, dan memberinya peluang kebebasan dalam berekspresi, sekaligus memberikan fasilitas serta sarana dan prasarananya saja. "Banyak potensi yang terpendam dalam diri siswa, jangan sampai energinya itu dihabiskan oleh kegiatan negatif. Maka dari itu, kita akan dan sediakan sarana untuk mereka berkreasi," ungkapnya,  kepada Radar Karawang, Selasa (4/4) kemarin, di lingkungan sekolah saat sebagian siswa sedang sibuk membuat pupuk kompos yang teebuat dari eceng gondok hasil membersihkan saluran air.
Hal senada dikatakan Pitroh Firdaus, koordinator pengolahan pupuk kompos. Menurutnya, kekayaan alam ini menyediakan berbagai potensi yang dapat dikembangkan, tidak terkecuali sampah sekalipun. Mengingat Indonesia ini merupakan salah satu negara yang sumber daya alamnya paling subur. Menurutnya, sangat disayangkan sekali jika kekayaan alam ini hanya bisa dinikmati oleh pandangan mata saja. Ia mengajak siswa untuk memanfaatkan sampah yang menurut sebagian orang tidak berguna, justru olehnya dijadikan sesuatu yang bermanfaat. Ia melanjutkan, memilih eceng gondok sebagai bahan dasar pupuk, ia lakukan agar siswa lebih peka terhadap lingkungannya, agar siswa lebih jeli dalam memandang sesuatu. "Kita hanya membimbingnya saja, biarkan siswa yang berproses sendiri sesuai dengan bimbingan yang kita berikan," pungkasnya. (rok)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template