Dua Calon Kades Incumbent Terancam Dicoret - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dua Calon Kades Incumbent Terancam Dicoret

Dua Calon Kades Incumbent Terancam Dicoret

Written By Mang Raka on Kamis, 13 April 2017 | 12.30.00

- Belum Melengkapi LPJ Periode Sebelumnya

RENGASDENGKLOK, RAKA - 2 calon kepala desa (Kades) incumbent terancam gagal maju dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada bulan Mei mendatang. Pasalnya, hingga saat ini kelengkapan pemberkasan pertanggungjawaban kinerja kepala desa masih belum dilengkapi. Hal tersebut dikatakan oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Ahmad Hidayat, saat ditemui Radar Karawang di kantor Kecamatan Rengasdengklok, Rabu (12/4) kemarin.
Kepala Desa Payungsari, Kecamatan Pedes dan Kepala Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta. Saat ini, kedua calon tersebut masih dalam pemeriksaan inspektorat yang diduga bermasalah dalam segi administrasi. "Tentunya harus diselesaikan terlebih dahulu masalah pemberkasan periode lalu, kalau kepala desa incumbent masih bermasalah dalam hal pemberkasan administrasi, otomatis tidak akan bisa maju untuk mencalonkan lagi menjadi kepala desa," ujar dia.
Adapun, salah satu syarat calon kades incumbent untuk dapat maju dalam pilkades yakni diselesaikannya urusan administrasi desa semenjak menjabat menjadi kepala desa pada periode sebelumnya. "Dua kepala desa tersebut yaitu Kepala Desa Payungsari, Kecamatan Pedes dan Kepala Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta," terang dia.
Pasalnya, hingga saat ini dua kedes tersebut belum melengkapi pemberkasan pertanggungjawaban kinerja, karena disinyalir bermasalah dalam kepemimpinannya pada periode saat ini. Pihak DPMD melalui rekomendasi inspektorat dan bupati berhak mengeluarkan surat diskualifikasi, apabila dua calon kades incumben tersebut tidak segera menyelesaikan permasalahan hingga hari penetapan calon kades. "Kita pihak DMPD berhak mendiskualifikasi melalui rekom dari inspektorat dan bupati," pungkasnya. (rok)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template