Distan Mantapkan Program Desa Organik Padi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Distan Mantapkan Program Desa Organik Padi

Distan Mantapkan Program Desa Organik Padi

Written By Mang Raka on Rabu, 19 April 2017 | 11.30.00

TEGALWARU, RAKA - Dinas Pertanian Kabupaten Karawang mengadakan penyuluhan musim tanam padi 2017. Kegiatan terkait program pengembangan desa organik padi ini melibatkan gabungan kelompok tani sekecamatan Pangkalan, dan diselenggarakan di Kampung Tanjungroke, Desa Medalsari, Selasa (18/4).

Selain mendistribusikan pengetahuan tentang pertanian organik padi yang mempunyai mutu unggulan dengan tingkat resiko kecil, gabungan kelompok tani juga mendapat wawasan tambahan agar pada musim tanam tahun itu bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Ditambah Gapoktan pun mendapatkan pendidikan simulasi penggunaan pupuk ramah lingkungan dengan daya guna juga punyai kemampuan maksimal.
Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Endang Wawan SP menggaris bawahi jika saat ini komoditi masyarakat akan kebutuhan padi sudah masuki tahap kualitas. Dan dirinya menegaskan agar petani bisa bersaing dengan baik nilai varietas unggulan yang sehat, dan berdaya saing tinggi. Sementara untuk menyikapo persoalan tersebut maka Dinas Pertanian Kabupaten Karawang akan terus lakukan penyuluhan agar para petani mendapatkan pengetahuan yang lebih perihal padi organik.
"Ini merupakan program yang mesti tersalurkan dengan baik hingga ke bawah, bahwa petani kali ini harus dituntut mahir dalam pengolahan sehingga mendapatkan kualitas padi unggulan dengan kualitas yang cukup memuaskan. Sehingga selain di konsumsi sendiri maka petani sekaligus di didik cara menanam padi organik, yang memang saat ini bukan saja menjadi suatu kebutuhan biasa akan tetapi sudah menjadi hal yang komersil," ujarnya.
Hal senada disampaikan fasilitator Dinas Pertanian Kecamatan Pangkalan, Ace Sugiarto. Dirinya optimis di wilayah Desa Medalsari untuk padi organis bisa menjadi padi unggulan ke depannya. Dirinya pun berharap petani dinamis dan kompetitif agar mendapatkan hasil pertanian yang bisa diandalkan. "Sudah saatnya petani harus bisa bersaing karena padi organik selain harga yang jauh lebih tinggi juga kualitas terhadap kesehatan konsumen. Selain dikonsumsi sendiri padi organik bisa menjadi salah satu ciri yang nyata bagi pertanian di wilayah Desa Medal sari sehingga mampu menjadi pionir di wilayah desa yang ada di Kecamatan Pangkalan," ungkapnya.
Ketua Kelompok Tani Kertasari, Dedi (55) menyampaiu rasa optimisnya kini tumbuh setelah mengikuti kegiatan pelatihan. Walaupun menurutnya cukup singkat akan tetapi secara garis besar dirinya mampu menyerap dengan apa yang di utarakan saat pemaparan dari pihak Dinas pertanian kabupaten Karawang. Dirinya pun menegaskan jika saat ini para petani hanya mampu menanam jenis biasa seperti IR 14 dan Sadane. "Kami cukup tertarik dengan pola tanam padi organik selain mudah, ramah lingkungan juga proses yanh tidak terlalu rumit, saya yakin ke depannya bukan saja di wilayah Desa Medal sari padi organik itu akan banyak di tanam petani, namun di wilayah lain pun akan ikuti, terlebih pupuknya pun bisa di olah dengan cara organik," tutupnya.
Kegiatan tersebut selain langsung dihadiri Kepala bidang Sumber daya manusia (SDM) Endang wawan. SP dan Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Pangkalan, H. Amang Sukadma. Amd, hadir juga Jafung Kabupaten Karawang, Seluruh penyuluh pertanian tingkat desa sekecamatan Pangkalan, dan sekitar 45 orang gabungan kelompok tani sekecamatan Pangkalan dan Pembina TNI dari Koramil 0410 Pangkalan serta unsur aparatur desa. Kegiatan penyuluhan terselenggara di Kampung Tanjung roke Desa Medal sari. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template