Desa Sukaluyu Gelar Lomba Dusun Berhias - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Sukaluyu Gelar Lomba Dusun Berhias

Desa Sukaluyu Gelar Lomba Dusun Berhias

Written By Mang Raka on Selasa, 18 April 2017 | 13.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Pemerintah Desa Sukaluyu menggelar Lomba Dusun Berhias (Bersih, Hijau, Asri dan Sehat). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat membangun di desa tersebut.

Kepala Desa Sukaluyu, Hj. Ayum Nurlaelasari, Senin (17/4) ketika dikonfirmasi terkait Lomba Dusun Berhias mengatakan lomba itu dia gelar setelah menggandeng PT. Astra Daihatsu Motor, Tbk. Lomba itu sendiri terkait erat dengan persoalan kesehatan. Menurut Ayum kesehatan adalah akar dari pembentukan masyarakat yang cerdas, bahagia, produktif, dan makmur.
Jika sudah sehat sejak kecil, maka dipastikan masyarakatnya akan menjadi cerdas asalkan dengan asupan gizi yang cukup, disiplin, serta ketekunan menimba ilmu sebanyak-banyaknya. "Kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat merupakan salah satu langkah efektif mewujudkan desa sehat dan cerdas," ucap Ayum.
Hal sama diutarakan Muhtar F. Pasaribu, Ketua RW 013 yakni Rukun Warga yang berhasil menjadi juara Umum Lomba Dusun Berhias, dasar loomba ini untuk mendorong masyarakat atau keluarga menjaga kebersihan rumah dan pekarangannya, disamping menciptakan pekarangan yang asri dengan jalan menanam pohon atau tanaman yang mendukung keasrian rumah.
"Harapan saya dengan mengikuti lomba ini untuk mengapresiasi keluarga yang menjaga rumah dan pekarangan dengan baik dan bersih, tentunya tidak hanya dilakukan pada satu hari atau saat tertentu saja, namun rutin dan tekun dilakukan sepanjang tahun," ucapnya dan menambahkan kalau tim penilai atau asesor tidak lain kepala desa sendiri yang mengamati dan mengawasi rumah-rumah warga secara rutin.
Demikian yang dikatakan warga Blok F RW 013, Yuzman Firdaus (30) dia berharap agar masyarakat peduli terhadap kesehatannya perlu adanya pendidikan kesehatan. "Salah satu akar masalah kesehatan warga adalah rendahnya tingkat literasi atau pengetahuan masyarakat. Edukasi berbasis kesehatan bisa menjadi langkah preventif atau layanan pencegahan masalah kesehatan masyarakat. Karena itu memalui momentum juara ini diharapkan ke depannya masyarakat diharapkan semakin meningkatkan kebersihan di lingkungannya masing-masing," ucapnya.
Perlu disampaikan, lomba Dusun Berhias ini dimenangkan RW 013, Blok F Perumahaan Bumi Telukjambe, juara 2 RW 006 Blok I, juara 3  Blok L. Sementara juara harapan jatuh pada RW 001 Dusun Kalipandan dan harapan 2 RW 007 Blok S. Sedang total peserta perserta lomba diikuti 21 RW di wilayah Desa Sukaluyu dengan total hadiah Rp. 100.000.000. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template