Desa Dijatah Rp 1,6 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Desa Dijatah Rp 1,6 Miliar

Desa Dijatah Rp 1,6 Miliar

Written By Mang Raka on Rabu, 19 April 2017 | 12.00.00

-Menteri Eko Minta Cellica Tambah Alokasi Dana Desa

KARAWANG, RAKA – Wow. Tahun depan pemerintah desa harus siap-siap menampung dana desa yang jumlahnya Rp 1,6 miliar. Jika digunakan dengan benar, dana sebesar itu bisa meningkatkan infrastruktur dan kualitas masyarakat.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo mengatakan, pemerintah pusat akan mengucurkan dana desa Rp 120 triliun tahun depan. Dana tersebut nantinya akan disebar di 74.910 desa yang ada di Indonesia. "Kalau dibagi jumlah desa rata-rata setiap desa mendapat Rp 1,6 miliar," katanya saat mengadiri acara Apel Siaga Toko Tani Indoesia (TTI) yang dilaksanakan Kementerian Pertanian di Desa Kampungsawah, Kecamatan Jayakerta, Selasa (18/4) kemarin.
Di acara yang juga dihadiri oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, itu disebutkan sejak diluncurkan dana desa tahun 2015 lalu, masyarakat desa bisa membangun 66 ribu kilometer jalan desa, 15 ribu poliklinik, 40 ribu drainase, 1800 pasar desa, 10 ribu sumur air bersih dan 40 ribu MCK. "Perbaikan infrastruktur desa berjalan dengan baik, dan mampu menggerakan perekomian desa," tutur Eko.
Ia melanjutkan, meningkatnya bantuan dana desa ini diharapkan pemerintahan desa tidak hanya fokus memperbaiki infrastuktur, tetapi juga mulai membangun ekonomi kerakyatan dengan melihat potensi yang dimiliki desa. Oleh karena itu, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus dioptimalkan. "BUMDes bisa menggerakan ekonomi kerakyatan di setiap desa. Makanya kita minta bupati ikut mendorong setiap desa melakukan kegiatan ekonomi kreatif, sesuai dengan potensinya," katanya.
Pengelolaan dana desa, kata Eko, harus transparan dan masyarakat desa harus mengetahui penggunaan dana desa. Pemerintah harus mensyaratkan agar kantor desa dipasangi spanduk tentang program desa setempat mengelola dana desa. "Nanti kita akan minta bantuan bupati untuk ikut mensosialisasikan ini agar aparat desa patuh. Masyarakat harus tahu program yang dijalankan oleh desa,” ungkapnya.
Sejalah dengan penambahan dana desa, Eko juga menginstruksikan kepada Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana untuk menambah Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017-2018. “Tanpa diminta terlebih dahulu, Presiden Joko Widodo sudah menambahkan dana desa dua kali lipat. Sebelumnya setiap desa menerima Rp 800 juta, kedepan bisa sampai Rp 1,6 miliar,” katanya.
Selain itu, dia juga menekankan agar pemerintahan Cellica-Ahmad Zamakhsyari bisa mencontoh desa terpencil, yang sudah mampu membangun BUMDes berpendapatan miliaran rupiah, hanya dari pengelolaan lahan parkir dan wisata kolam renang. "Karawang jangan sampai kalah dengan kabupaten lain yang notabene tidak mempunyai perusahaan sebanyak Karawang. Seharusnya Karawang bisa lebih maju yang mempunyai kapasitas pabrik terbesar se-Asia Tenggara,” pungkasnya. (rok/ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template