Dana PPMS 2016 Hangus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana PPMS 2016 Hangus

Dana PPMS 2016 Hangus

Written By Mang Raka on Rabu, 19 April 2017 | 12.00.00

LEMAHABANG, RAKA - Tahun ini SMK swasta akan menelan pil pahit. Harapan mendapatkan sisa dana Program Peningkatan Mutu Sekolah (PPMS) tahun 2016 harus dibuang jauh-jauh.
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang memastikan jika dana PPMS tahun 2016 Rp 18 miliar yang belum dicairkan,  tidak akan diberikan. Meski disebut-sebut oleh pengelola SMK swasta, sisa dana tersebut adalah utang yang harus dibayarkan Pemerintah Kabupaten Karawang kepada sekolah. "Kita pernah rapatkan ini dengan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK, sisa utang PPMS tahun kemarin bagaimana kelanjutannya? Walaupun sudah beralih kewenangan, tapi itu kan masih kewajiban dinas," ungkap seorang kepala SMK swasta yang meminta dirahasiakan namanya, Selasa (18/4) kemarin.
Menurutnya, SMK swasta bisa memahami alasan ditundanya PPMS tahun kemarin, sebagiannya karena dipangkasnya Dana Alokasi Umum (DAU). Tapi anggaran itu sudah diploting porsinya dan menjadi utang yang seharusnya bisa dibayar pemkab. Sebab, jumlah yang belum dibayarkan adalah Rp 18 miliaran. Walaupun SMK saat ini sudah beralih wewenang ke pemerintah provinsi, bukan berarti dinas lupa sisa utang yang menjadi hak SMK. "Utang tetaplah utang yang harus dibayarkan. Jumlahnya sekitar Rp 18 miliaran, ini kan masih kewajiban pemkab," ujarnya.
Kepala Disdikpora Kabupaten Karawang Dadan Sugardan mengakui, tahun kemarin pencairan PPMS tidak penuh karena ada pemangkasan DAU. Namun, PPMS tersebut bukan utang. Dadan menyebut, sudah tidak ada lagi porsinya, karena sudah tidak dianggarkan lagi. "Ya hangus, gak ada lagi PPMS sisa untuk SMK. Apalagi wewenangnya sudah pindah," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template