Biaya Operasional Kesehatan Digantung - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Biaya Operasional Kesehatan Digantung

Biaya Operasional Kesehatan Digantung

Written By Mang Raka on Selasa, 11 April 2017 | 16.30.00

TELAGASARI, RAKA - Biaya Operasional Kesehatan (BOK) untuk UPTD Puskesmas tidak kunjung jelas pencairannya. Padahal tahun-tahun sebelumnya berlangsung lancar dan belum pernah lewat sampai tiga bulan seperti saat ini. Kondisi ini, ikut terdampak pada kegiatan dan program Puskesmas sehingga beberapa diantaranya dipending karena ketiadaan dana.

"Pengajuan BOK dari Puskesmas sebenarnya sudah dilayangkan sejak Desember akhir tahun 2016, namun Rencana Usulan Kegiatan (RUK) yang sudah diajukan, sejauh ini belum juga turun, sehingga ada beberapa kegiatan yang dipending, namun untuk program dan kegiatan Puskesmas yang rutin tetap berjalan," tandas Bendahara BOK Puskesmas Telagasari Dwi Purwitasari, Senin (10/4).
Di awal-awal tahun, diakui Dwi, memang ada keterlambatan tapi tidak sampai April, karenanya ia berharap RUK yang diajukan untuk BOK Puskesmas telagasari sebesar Rp  Rp 543.462.000 juta pertahun dengan pencairan bertahap itu, bisa segera turun untuk menuntaskan kegiatan dan program Puskesmas. "RUK sudah diajukan sejak Desember, tapi sampai saat ini BOK nya belum turun," ujarnya.
Kepala UPTD Puskesmas Telagasari Asep Saepul Bahri SKm mengatakan, biaya operasional kesehatan yang belum cair ikut berdampak pada ditundanya kegiatan dan program Puskesmas, baik yang kaitannya dilapangan, pengecekan kasus, penyuluhan kemasyarakatan dan kelas ibu hamil. Termasuk, sebutnya lokakarya mini (Lokmin) yang tiga bulan sekali belum dilaksanakan sampai saat ini. Jika tidak terkejar, sementara program dan kegiatan mulai menumpuk lagi dibulan-bulan berikutnya, bagaimana pertanggungjawabannya nanti.
Sejauh ini, sebutnya, belum ada penjelasan detail dari Dinas Kesehatan terkait kapan BOK turun, padahal ditahun-tahun sebelumnya, tidak lewat bulan Maret sudah turun.
"Lokmin yang ke pending, sementara kegiatan di bulan berikutnya kita terus dikejar," ucapnya.
Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Karawang, Drg Nanik ketika dihubungi ponsel saat disinggung terkait kapan BOK bakal turun ke Puskesmas, sampai berita ini ditulis yang bersangkutan belum memberikan balasannya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template