Angka Kematian Ibu dan Bayi Masih Tinggi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Angka Kematian Ibu dan Bayi Masih Tinggi

Angka Kematian Ibu dan Bayi Masih Tinggi

Written By Mang Raka on Kamis, 13 April 2017 | 13.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Status ekonomi dan rendahnya tingkat pendidikan menjadi faktor penyebab rendahnya harapan hidup untuk usia 63 - 67 tahun disamping penyebab tingginya Angka Kematian Ibu dan bayi.

Hal itu diungkapkan dalam pembukaan rapat koordinasi ibu-ibu penggerak PKK Desa Sirnabaya, Rabu (12/4) di Aula Desa Sirnabaya. Lebih dari 50 persen dari penduduk Indonesia adalah perempuan, terutama mereka yang tinggal di perdesaan, dan sebagian besar diantaranya ada dalam status ekonomi dan tingkat pendidikan yang rendah.
"Status ekonomi dan tingkat pendidikan yang rendah merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya angka harapan hidup yakni laki – laki  dengan kisaran usia 63 tahun, perempuan 67 tahun," ungkap Kepala Desa Sirnabaya, Ir. Masuran.
Dua faktor itu, lanjut Masuran juga mempengaruhi tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) Angka Kematian Bayi (AKB). Untuk AKI berdasarkan data rata-rata kematian mencapai 307 kematian per 100.000 kelahiran. Sementara AKB 46 kematian per 1000 kelahiran. Mengacu terhadap data itu diharapkan melalui peningkatan kegiatan PKK dapat menekan AKI dan AKB.
Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), masih dilanjutkan Masuran, sebagai gerakan masyarakat yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan keluarga, atas kesadaran dan kemampuan keluarga itu sendiri. Untuk mewujudkan ini, PKK melaksanakan Sepuluh Program Pokok PKK. "Pada tahun 1967 Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, sebagai gerakan mulai dibentuk di seluruh Indonesia. Keberadaan PKK ditengah-tengah masyarakat sangat dirasakan manfaatnya," ucap Masuran.
Sementara penggerak PKK Desa sirnabaya, Siti Khodijah (34) mengatakan, Saat itu kegiatan PKK ditingkatkan dan dikembangkan melalui upaya membangkitkan dan menggerakkan partisipasi keluarga dan masyarakat yang akhirnya menarik perhatian berbagai kalangan, sehingga PKK banyak di sukai kegiatannya karena bisa menjadi pionir bagi ibu-ibu. "Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan yang tinggi," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template