Amil di Kecamatan Kutawaluya Serba Bisa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Amil di Kecamatan Kutawaluya Serba Bisa

Amil di Kecamatan Kutawaluya Serba Bisa

Written By Mang Raka on Kamis, 20 April 2017 | 14.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Bukan hanya bisa menikahkan, Pembantu Pegawai Pencatatan Nikah (P3N) atau amil yang tersebar di Kecamatan Kutawaluya juga membuktikan kapasitasnya dalam hal baris berbaris. Hal tersebut dibuktikan saat para amil menjadi pelaksana tugas Upacara Hari Kesadaran Nasional yang digelar di halaman Kecamatan Kutawaluya. Hal ini menunjukan bahwa amil di Kecamatan Kutawaluya serba bisa.
Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kutawaluya, H Sadi Pantura, mengatakan, amil yang tersebar di Kecamatan Kutawaluya harus bisa membuktikan asumsi masyarakat yang menilai amil dusun ataupun kampungan. Bahkan pemimpin pasukannya sendiri terdiri dari amil-amil yang tersebar di Kecamatan Kutawaluya. "Kita ajak semua amil untuk menjadi petugas upacara bulanan ini, membuktikan bahwa amil bukan hanya bisa mengawinkan anak orang saja," katanya, Rabu (19/4) kemarin.
Selain itu, eksistensi amil dalam keorganisasian sudah berkembang dan meluas ke ranah pembentukan acara tahunan seperti halnya menjadi panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi lalu, juga rencananya akan dilaksanakan kembali acara Rajaban menjelang bulan Ramadhan yang akan datang. "Amil jangan hanya mengajak orang supaya bisa menggelar atau disuruh aja, tapi kita juga ajak amil untuk menjadi pelopornya langsung, melaksanakan sebagai panitia muludan dan berencana untuk melaksanakan Rajaban menyambut Ramadhan. Insya Allah akan dilaksanakan 7 hari sebelum Ramadhan," terang dia.
Ia melanjutkan, sinergitas antar instansi harus tetap dijaga. Terutama dalam hal membangun silatirahmi, agar keseimbangan antara perangkat kecamatan, desa, dan masyarakat bisa menjadi kesatuan yang utuh untuk memajukan Kecamatan Kutawaluya. Adapun amil-amil dari setiap desa ditekankan untuk terus aktif mewakili desanya masing-masing dalam segala jenis kegiatan, terutama kegiatan keagamaan. "Amil akan terus kita ajak untuk kegiatan yang aktif dalam bermasyarakat," ujarnya.
Hal senada dikatakan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Kutawaluya Supriatna, ia mengaku tidak terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk melatih para amil dalam mempersiapkan upacara hari kesadaran nasional tersebut. Dalam waktu satu minggu, ia hanya memberikan 3 kali latihan kepada para amil agar bisa melaksanakan upacara dengan baik. "Saya sebagai pelatih, tidak terlalu capek untuk melatihnya, soalnya mereka antusias dan cepat mengerti ketika saya latih," ungkapnya.
Adapun kendala yang ia temukan selama melatih, para amil kaku dalam gerakan. Ia mengakui harus melatih segala sesuatunya dari awal. Mengingat latihan upacara ini merupakan latihan baris berbaris yang pertama para amil lakukan. "Awalnya memang kaku, tapi sudah diberikan masukan, mereka para amil bisa melakukannya dnegan cepat, saya salut juga dengan cepat tanggapnya mereka," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template