670 Orang Magang di 22 Perusahaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 670 Orang Magang di 22 Perusahaan

670 Orang Magang di 22 Perusahaan

Written By ayah satria on Sabtu, 15 April 2017 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA - Sebanyak 670 anak muda Karawang dilepas oleh Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri dalam program magang di 22 perusahaan yang ada di Kabupaten Karawang, Kamis (14/4), di halaman Plaza Pemkab Karawang.
Pelepasan pemagangan tersebut merupakan tindaklanjut dari launching program pemagangan yang beberapa waktu lalu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di KIIC. Hanif berharap, kabupaten/kota lain bisa mengikuti langkah yang dilakukan Karawang. "Mudah-mudahan inisiatif ini bisa diikuti oleh kabupaten-kabupaten lain," ujarnya.
Menurut menteri asal PKB itu, program pemagangan bertujuan mempercepat peningkatan kualitas dan keterampilan sumber daya manusia, khususnya para calon tenaga kerja. "Pemagangan merupakan salah satu terobosan penting agar anak-anak bisa lebih cepat mendapatkan pengetahian sesuai dengan kebutuhan kerja," ujarnya.
Dikatakan, Indonesia diprediksi bakal menjadi ngara terbser ke-7 secara ekonomi di dunia pada 2030. Saat ini posisi Indonesia sudah ada pada posisi ke-16. Namun lanjut Hanif, prediksi tersebut ada syaratnya: Indonesia harus dilengkapi dengan sejumlah pekerja terampil dengan jumlah yang lebih besar atau mencapai 113 orang.
Hanif menambahkan, saat ini baru sekitar 57 juta tenaga terampil tercipta, sehingga terjadi kesenjangan hingga 56 jutaan. "Selama 14 tahun dari 2016 sampai 2030. Harus tercipta 3,7 juta pertahun tenaga kerja terampil," katanya.
Dia juga memaparkan, sekitar 60 persen pekerja Indonesia lulusn SD dan SMP. Bahkan ironisnya, semakin tinggi pendidikan di Indoneisa, semakin tinggi juga pontensi nganggurnya. Itu yang menjadi persoalan besar bagi bangsa Indonesia, karena tidak adnaya link and match antara pendidikan dengan dunia kerja. "Maka untuk menymbungkannya, dengan dilakukan pemagangan," ujarnya.
Sementara Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, ketenagakerjaan dan angka pengangguran merupakan isu utama bagi pemerintahannya. Termasuk saat dia mencalonkan diri sebagai Bupati Karawang berpasangan dengan Ahmad Zamakhsyari.
Dia berharap, dengan adanya program pemagangan tersebut anak-anak muda Karawang, dapat meningkatkan keterampilan. Sehingga SDM yang dimiliki Karawang benar-benar berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi. "Kami cukup bangga, karena di Jawa Barat, (program pemagangan) berawal dari Karawang," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template