64.826 Warga Karawang Jadi Peserta KIS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 64.826 Warga Karawang Jadi Peserta KIS

64.826 Warga Karawang Jadi Peserta KIS

Written By Mang Raka on Selasa, 04 April 2017 | 13.00.00

KOTABARU, RAKA - Penandatanganan perjanjian kerja sama jaminan kesehatan nasional bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang tahun 2017, di lapangan Kecamatan Kotabaru membawa secercah harapan bagi warga tidak mampu.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Karawang Mohamad Solih mengatakan, program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan salah satu amanat dari Undang-undang Republik Indonesia, yang kemudian dituangkan dalam program pemerintah pusat. "Dengan adanya program ini, ditargetkan seluruh rakyat Indonesia ke depannya akan memiliki jaminan kesehatan," ungkapnya.
Program tersebut yang kemudian diintegrasikan secara bersama antara pihak-pihak terkait, sehingga peserta Jamkesda Kabupaten Karawang atau yang dikenal dengan nama Karawang Sehat, yang secara bertahap telah dikelola oleh BPJS Kesehatan. “Pada tahun 2016, Pemkab Karawang telah mengintegrasikan 36.556 jiwa peserta Karawang Sehat menjadi peserta JKN-KIS, mencakup 30 kecamatan dan 224 desa," tuturnya.
Ia melanjutkan, pada tahun 2017 kembali dilakukan pengintegrasian peserta JKN KIS di Kabupaten Karawang, dengan penandatanganan perjanjian kerjasama kembali yang akan berlaku sejak 1 April 2017, dengan peserta terintegrasi sebanyak 64.826. "Dapat dilihat peningkatan peserta yang cukup signifikan, sehingga partisipasi dari segala pihak terkait sangat dibutuhkan guna memberi pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” ujar Solih.
Salah satu kendala dalam proses integrasi Karawang Sehat ke Program JKN-KIS, kata Solih adalah masalah Nomor Induk Kependudukan (NIK). Masih banyak masyarakat yang belum mempunyai NIK, padahal NIK merupakan faktor penting dalam kelengkapan data peserta. "Maka kami himbau bagi masyarakat untuk segera memperbaharui data kependudukan," tambahnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template