Warga Pasirmunjul Bakal Diungsikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Pasirmunjul Bakal Diungsikan

Warga Pasirmunjul Bakal Diungsikan

Written By Mang Raka on Senin, 13 Maret 2017 | 12.00.00

- Antisipasi Bencana Alam

PURWAKARTA,RAKA - Beberapa wilayah di Puwakarta mulai menunjukan peningkatan rawan bencana alam, apalagi intensitas hujan cukup tinggi, mengakibatkan beberapa wilayah mulai dihantui longsor. Tak mau kecolongan, seluruh unsur pemerintahan di wilayah ini pun mulai mewaspadai dan mengintensifkan pengawasan ke beberapa lokasi yang rawan bencana alam.
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengakui jika wilayahnya merupakan daerah rawan bencana longsor. Menurutnya, bencana alam akibat pergerakan tanah ini bisa saja terjadi. Apalagi, menilik dari kontur tanah di beberapa wilayah di Purwakarta yang terdiri dari tanah lempung. Sehingga sangat berpotensi terjadi longsor. "Saat ini, kita siaga longsor. Mengingat, curah hujan masih cukup tinggi," singkat Dedi.
Dia menjelaskan, sejak jauh-jauh hari pihaknya telah mengirim imbauan kepada masyarakat melalui seluruh kades dan camat, untuk melakukan antisipasi sejak dini. Supaya, mereka selalu siaga dan terus memantau segala perkembangan terkait bencana alam. Salah satunya Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani yang kini pihak pemerintah desanya telah memberlakukan siaga satu bagi masyarakatnya. Bahkan, Kepala Desa M Hilman Nurzaman, telah meminta warga di satu kampung itu untuk meninggalkan sementara tempat tinggal mereka. "Untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan, kita minta warga untuk siap-siap mengungsi sebab saat ini keretakan sudah telihat," ujar Hilman, kepada Radar Karawang, Minggu (12/3).
Hal itu dilakukan, karena menurut Hilman, wilayah Pasirmunjul memiliki riwayat rawan bencana alam longsor, bahkan hampir tiap tahun beberapa kampung di desanya sering mengalami ambrol tanah. Sebab, kontur tanah kata dia, terdiri dari tanah lempung. "Untuk para ibu dan anak-anak sudah kita minta mengungsi. Sementara untuk kaum lelaki kita bersama-sama melakukan kerja bakti menutup jalan dan tanah yang retak," katanya.
Tidak hanya Pasirmunjul, Pemerintah Desa Cianting juga terus memantau perkembangan kondisi kampung Cilawang RT23 RW08. Pasalnya, wilayah tersebut kini juga mengalami pergeseran tanah. "Ada 66 rumah di Kampung Cilawang dan kita sudah himbau masyarakat setempat untuk waspada,'' tutur Kades Cianting Endang Koswara. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template