Utang Rp 1,08 M, 61 Guru Terancam Dipolisikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Utang Rp 1,08 M, 61 Guru Terancam Dipolisikan

Utang Rp 1,08 M, 61 Guru Terancam Dipolisikan

Written By Mang Raka on Selasa, 21 Maret 2017 | 12.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Pusing utang miliaran rupiah tidak kunjung dibayar, Koperasi Guru Lemahabang (KGL) ancang-ancang melaporkan 61 anggotanya ke polisi.
Dalam daftar piutang buku Rapat Anggota Tahunan (RAT) KGL, kata Ketua Badan Pengawas KGL Iskandar, tercatat utang para guru tersebut mencapai Rp 1,08 miliar.
Meski penagihan sudah sering dilakukan oleh tim khusus yang terdiri dari badan pengawas, anggota dan pengurus KGL, hasilnya tetap nihil. "Ujung-ujungnya kembali lagi ke hati nurani kreditur soal piutangnya," ungkapnya kepada Radar Karawang, Senin (20/3).
Dari angka sebesar itu, sebut Iskandar, sebagian ada yang koperatif menyicil. Sebagian lagi sulit membayar. Meski begitu, dirinya berharap persoalan ini tidak sampai ke ranah hukum. Karena para anggota lebih memilih menyelesaikan persoalan dengan asas toleransi. "Walaupun KGL berbadan hukum tapi masih ada toleransi. Gimana kesadaran masing-masing," ujarnya.
Mengantisipasi pembengkakan piutang, saat ini anggota yang hendak meminjam uang ke KGL dibatasi sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, tidak lebih dari tiga kali jumlah simpanannya. "Bahkan, setahun tidak mampu membayar anggota langsung dihentikan, dengan perincian mengandalkan simpanan yang sudah ada di koperasi," tuturnya.
Karenanya sisa-sisa utang akan tetap ditagih oleh formasi badan pengawas setiap tahun. Karena persoalan ini akan membuat sirkulasi keuangan KGL macet. "Mengantisipasi banyak piutang lagi, ada aturan khusus yang sudah siap. Tapi tetap yang lama akan ditagih utangnya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template