Ujian Sekaligus Menghibur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ujian Sekaligus Menghibur

Ujian Sekaligus Menghibur

Written By Mang Raka on Rabu, 15 Maret 2017 | 12.30.00

- Praktek Kesenian SMKN Pertanian

KARAWANG, RAKA - Keseruan drama teater yang ditampilkan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Pertanian Karawang, mewarnai pelaksanaan ujian praktek kesenian yang diselenggarakan di halaman sekolah, Selasa (14/3) pagi kemarin. Berbagai penampilan teater mereka tampilkan sebagai tugas ujian.
Guru seni budaya, Suhendi S.Pd menyampaikan, bahwa drama teater yang dipersembahkan oleh seluruh siswa kelas 3 tersebut, merupakan suatu kewajiban siswa dalam memenuhi nilai mata pelajaran kesenian. Selain mesti memenuhi ujian lisan atau tulisan, setiap siswa juga diberikan ujian praktek yang diberikan secara langsung. "Untuk ujian praktek, khusus kesenian mereka menampilkan drama teater," katanya.
Ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian sekolah, yaitu dari masing-masing orang yang berperan dalam penampilannya dan secara keseluruhan atau kelompok. Disamping itu, akan terlihat siswa mana yang mempunyai bakat dalam drama teater dan siswa menyuguhkan ekspresinya secara total. "Memang secara kelompok, namun kita juga menilai dari perorangnya, mulai dari skenario yang dimainkan, dialog, serta pesan yang disampaikan dalam drama tersebut," tuturnya.
Tercatat, kata dia, keseluruhan ada 8 kelompok dari 2 kelas yang menampilkan drama teater. Dari setiap kelompok bebas untuk memilih tema apa saja yang diusung dalam pentas kesenian, asalkan mereka mampu berakting secara penuh dan total. "Tidak ada tema, kita bebaskan agar mereka bisa sekreatif mungkin," ungkapnya.
Untuk hasilnya, nanti selain bisa memenuhi nilai ujian praktek sekolah kegiatan tersebut juga sebagai ajang pencarian bakat siswa dalam dunia kesenian. Serta mampu memberikan contoh teladan bagi adik kelasnya di sekolah. "Kita sengaja lakukan pementasan di luar ruangan kelas, agar siswa yang lainnya bisa mengetahui sejauh mana kakak-kakak kelasnya bermain drama teater," ucapnya.
Butuh persiapan serta mental yang cukup tinggi untuk bisa memberikan yang terbaik, seperti yang disampaikan Bagus Heri Subekti, salah satu siswa yang mengikuti ujian praktek. Dia mengaku, sudah mempersiapkan pelatihan selama 2 minggu, agar bisa memberikan hasil yang memuaskan. "Alhamdulilah bisa memberikan yang terbaik juga, seneng banget puas," pungkasnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template