Terminal Cikampek Nasibmu Kini... - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Terminal Cikampek Nasibmu Kini...

Terminal Cikampek Nasibmu Kini...

Written By Mang Raka on Kamis, 23 Maret 2017 | 12.30.00

-Tipe A Kualitas C

CIKAMPEK, RAKA - Medio tahun 90-an hingga awal tahun 2000, Terminal Cikampek menjadi primadona masyarakat yang ingin bepergian ke luar kota atau lintas provinsi. Bus dalam kota hilir mudik tanpa henti mulai subuh hingga sore hari. Peruntukannya jelas. Sebagai simpul utama transportasi darat di Kabupaten Karawang.
Seiring waktu, terminal yang berada di tengah pasar itu mulai redup. Kondisinya semakin kumuh. Terlebih jalan menuju terminal semakin tidak karuan, karena  menyempit dipenuhi para PKL. Sopir bus pun akhirnya lebih memilih menunggu penumpang di luar terminal. Hal itu berbanding lurus dengan mulai menurunnya jumlah para pelancong, pedagang, pekerja, dan pelajar menggunakan jasa bus.
Seiring waktu, tepatnya 1 Januari 2017, Kementerian Perhubungan akhirnya mengambil alih Terminal Cikampek. Karena termasuk kategori terminal tipe A, meski kualitas sarana dan prasarana nilai bobotnya C. Kordinator Terminal Cikampek Melli Yulianawati mengatakan, Terminal Cikampek tidak lagi memungut biaya retribusi atas jasa angkutan karena dilarang oleh kementerian. "Petugas kini hanya melakukan pencatatan pemberangkatan bus dari terminal ke tempat tujuan sesuai dengan trayek. Terminal sama sekali tidak mengungut biaya retribusi," ujarnya kepada Radar Karawang, Rabu (22/3) kemarin.
Melli mengatakan, Terminal Cikampek hanya memiliki beberapa bus yang singgah di terminal, untuk memfasilitasi para penumpang yang ingin pergi keluar kota atau provinsi. Bus yang ada diantaranya tujuan Tasik dan Bekasi. "Kita awal pemberangkatan pagi pukul 02.00 WIB trayek Angkutan Kota Antar Provinsi(AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP)," ujarnya.
Sopir Bus Warga Baru, A Panjaitan (52) mengatakan, dirinya mengakui jika pelayanan Terminal Cikampek sudah cukup baik, namun sarana dan prasarana perlu ditingkatkan. "Saya suka kesulitan jika hendak keluar dari terminal, karena jalan kurang bagus dan kian menyempit," ujarnya.
Ia berharap pemerintah bisa segera mungkin menata ulang Terminal Cikampek. Terutama yang terkaitan dengan kendaraan umum yang kerap menjadi perselisihan antara angkutan umum dan pengendara gelap berplat hitam. "Angkutan umum kini dirugikan dengan adanya mobil pribadi yang beroperasi di wilayah tertentu," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Kangen suasana terminal cikampek waktu thn 90-an. Kapan ya pemda bisa mewujudkannya lg seperti dulu .... Minimal tidak banyak PKL disekitar akses ke terminal

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template