Sekolah SMK Sambil jadi Tukang Sapu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekolah SMK Sambil jadi Tukang Sapu

Sekolah SMK Sambil jadi Tukang Sapu

Written By ayah satria on Jumat, 03 Maret 2017 | 17.30.00

Nugroho Yakin Pendidikan Bisa Mengubah Nasib

KARAWANG, RAKA - Hidup serba kekurangan bukan alasan tidak bisa sekolah. Jika ingin sukses, selalu ada jalan. Asal mau kerja keras dan tidak gengsi.
Adalah Nugroho Saputro, siswa SMK Tunas Mekar Karawang, ini rela menjadi tukang sapu di sekolah, agar bisa membiayai hidup dan bayar sekolah. Ditinggal mati oleh ayahnya sejak SD, ABG yang biasa dipanggil Nugroho ini tidak mau menggantungkan hidup dari ibunya. "Kalau masuk SMP kan tidak banyak bayaran tidak ada praktek juga. Kalau SMK kan harus bayar, jadi saya juga harus kerja buat biaya sekolah," katanya kepada Radar Karawang, Kamis (2/3) kemarin.
Meski hidup serba kekurangan, tidak menjadi penghalang baginya meneruskan pendidikan. Karena laki-laki kelahiran 28 Febuari 1998, ini yakin pendidikan bisa merubah nasibnya. "Saya tidak malu bekerja di sekolah jadi tukang sapu, yang penting halal dan bisa sekolah saja saya mah," ucapnya.
Hampir setiap pagi Nugroho rutin pergi ke SMP, tempat dia bekerja sebelum berangkat sekolah. Padahal jarak sekolah dari rumahnya di Kampung Lengo RT 11 RW 14, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, cukup jauh. "Saya tidak minta uang sepeserpun sama ibu saya. Saya cuma minta doa saja dari ibu, semoga bisa menjadi orang sukses dan bisa membahagiakan orangtua," ungkapnya.
Tidak hanya itu, Nugroho juga harus pintar membagi waktu. Antara kerja dengan belajar. Ditanya soal main dengan teman sekolah, menurutnya hal itu tidak sedikit pun terlintas dipikirannya. "Kalau belajar sebisanya kita saja ngatur waktu, kadang disini, kadang juga belajar di rumah kalau sudah pulang bekerja," tuturnya.
Dia berharap upaya yang dilakukannya bisa merubah nasib. Setelah lulus SMK nanti, dia juga bertekad melanjutkan ke perguruan tinggi. "Semoga bisa menjadi orang yang sukses," harapnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template