Sampah Berserakan Dipinggir Jalan Badami Loji - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah Berserakan Dipinggir Jalan Badami Loji

Sampah Berserakan Dipinggir Jalan Badami Loji

Written By Mang Raka on Sabtu, 11 Maret 2017 | 15.30.00

TELUKJAMBEBARAT, RAKA - Hampir di seluruh jalan utama Badami-Loji menjadi tempat membuang sampah sembarangan. Sementara pemerintah setempat sampai saat ini belum bisa mencari solusi terhadap masalah tersebut.

Pantauan Radar Karawang, hampir di setiap jalan utama bisa ditemui tumpukan sampah menumpuk sampah liar. Parahnya ada warga yang memang sengaja membuang sampah di jalan tersebut. Sampah-sampah ini pada saat hujan mengalami penumpukan hingga membusuk dan menebarkan bau tidak sedap.
Bahkan dari pengakuan warga, sampah yang ada ternyata dibuang oleh warga pada jam-jam tertentu. Kadang pada tengah malam juga pagi hari. Bahkan pernah di pergoki warga membuang sampah sambil melintas menggunakan kendaraan roda dua. Sementara pemerintah baik dari kecamatan dan desa belum bisa mencari solusi agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah di pinggiran jalan utama.
Plt. Kepala Desa Wanakerta, Ocang, mengungkapkan sulit jika harus menertibkan perihal sampah. Memang diakui bahwa keberadaan tempat pembuangan sampah utama belum ada. Namun dirinya tengah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan agar ada solusi terkait penertiban perihal sampah. "Memang saya akui tumpukan sampah liar bukan saja di wilayah desa kami tetapi hampir merata di desa-desa tetangga," tandas Ocang.
Diakui Ocang, pihaknya sendiri saat ini tengah melakukan analisa persoalan ini. Bagaimana solusinya agar pemerintah bisa mendapatkan jalan keluar dan ada keberadaan tempat pembuangan sampah di kecamatan khususnya Telukjambe Barat. "Idealnya memang harus ada tempat pembuangan sampah di wilayah ini. Sehingga kita pun tahu kemana nantinya sampah-sampah ini akan dibuang," tandas Ocang lagi.
sementara H. Ahmad (61) warga Kampung Cimaja, Desa Margamulya menyesalkan tanah miliknya dijadikan tempat warga membuang sampah. Dia berharap pemerintah secepatnya membangun tempat pembuangan sampah akhir agar tidak ada lagi warga yang buang sampah sembarangan. "Menurut informasi yang saya dengar yang buang sampah sembarang itu kebanyakan yang tinggal di kosan dan kontrakan. Mereka membuang sampah yang dibungkus plastik dan dibuang sembarangan sambil melintas. Seharusnya ini mesti ada peraturan yang keras dari pemerintah agar warga jera dan tidak lagi membuang sampah sembarang tempat," tegasnya.
Di tempat terpisah, Leo (30) juga warga setempat menambahkan jika sebelumnya saat jalan utama Badami-Loji sepi pengguna jalan sampah jarang ditemui ada sampah liar. Tapi setelah aktivitas tinggi, tumpukan sampah hampir setiap meter bisa ditemui. "Ini merupakan perubahan serius dan harus ditanggapi serius. Dampak sampah bukan saja hanya estetika tapi juga kebersihan. Selain itu sampah juga mengotori sawah, sehingga gabah yang dihasilkan jadi tidak optimal," ucapnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template