Raskin Belum Didistribusikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Raskin Belum Didistribusikan

Raskin Belum Didistribusikan

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Maret 2017 | 14.30.00

Ucu Supriyatna: Biasanya Januari Sudah Turun

TEMPURAN, RAKA - Sepanjang 2017, Beras untuk orang miskin yang sekarang dikenal dengan sebutan Rastra (Beras keluarga sejahtera) belum lagi turun ke desa-desa. Bahkan, selama tiga bulan terakhir belum ada tanda-tanda beras subsidi untuk warga kurang mampu tersebut turun. Padahal, ditahun-tahun sebelumnya, distribusinya tidak pernah lewat di bulan Januari awal tahun.

Kasie Kesos Kecamatan Tempuran, Ucu Supriyatna mengatakan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana Raskin sudah turun sejak Januari. Tahun ini justru sampai Maret belum ada tanda-tanda beras dari Bulog tersebut di distribusikan. Entah apa yang menjadi alasannya, tapi keterlambatan ini menurut informasi juga terjadi diberbagai Kabupaten dan kota lainnya.
Padahal, masyarakat miskin diakuinya sangat ingin cepat realisasi, mengingat masa-masa paceklik yang selama ini masih melandanda. Mungkin saja sebut Ucu, stok beras Raskin sudah ada di Bulog, namun sistem dan aturan yang belum diketahuinya yang masih menahan distribusi tersebut. Sebab, kewajiban tebusan dan pertanggungjawaban ditahun-tahun sebelumnya sudah rampung. "Tidak tahu alasannya apa, biasa Januari sudah turun sekarang mah Raskin sampai Maret belum ada," katanya.
Ucu memastikan, raskin tetap ada tahun ini, meskipun menurut informasi Pagu sasaran Rumah Tangga Sasarannya (RTS) nya berkurang ditahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, pihaknya masih menunggu kepastian dulu kapan diturunkan ke desa-desa, lagi pula baik data RTS yang diperbaharui maupun rapat-rapat persiapan menerima Raskin 2017 belum pernah dilakukan sepanjang tahun ini. "Kalau Pagu katanya turun RTS nya, tapi raskin tetap ada tahun ini," ungkapnya.
Anggota Komisi B DPRD Karawang, Mulya Syafari mengaku, raskin menurut kabar seyogyanya diturunkan sejak tanggal 15 Maret, namun anehnya mengapa Bulog masih menahan distribusinya. Ia maklumi keterlambatan tahun ini, sebab, perubahan Numenklatur dan SOTK ditingkat Pusat dan Daerah ikut terdampak pada lkebijakan yang sebenarnya rutin dilakukan setiap tahun. Soal ini juga, Komisis B pastikan suplay Raskin sebenarnya sudah ada di bulog, namun belum diturunkan entah masih menunggu apa lagi. Dia berharap terlepas pagunya turun atau naik RTS nya, bisa direaliasasi tidak sampai lewat bulan Maret ini. "Semoga realisasi tidak lewat bulan Maret ini karena paceklik tahun ini saya kira cukup panjang," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template