Pustu Tegalwaru Dibiarkan Rusak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pustu Tegalwaru Dibiarkan Rusak

Pustu Tegalwaru Dibiarkan Rusak

Written By Mang Raka on Senin, 20 Maret 2017 | 15.00.00

TEGALWARU, RAKA - Puskesmas pembantu (pustu) Kecamatan Tegalwaru di Kampung Cidoro, Desa Cigunungsari, dibiarkan terbengkalai. Selama lima tahun bangunan pustu tidak dipergunakan, sehingga mengakibatkan kerusakan parah. Kerusakan yang terjadi, selain atap bangunan menganga tanpa plapon, bagian dinding juga terlihat sudah rapuh.

Informasi yang dihimpun Radar Karawang, Minggu (19/3) warga sendiri sebetulnya sudah berulang kali meminta agar pustu tersebut dioperasikan lagi. Terlebih jarak puskesmas saat ini juga lumayan jauh. Terhadap permintaan itu, sebenarnya sudah direspon secara positif. Bahkan sempat merebak informasi kalau pustu akan dioperasikan lagi.
Sayangnya sampai sekarang, informasi akan beroperasinya puskesmas pembantu itu tidak jelas kebenarannya. Bangunan yang berdiri di lahan milik yayasan sekolah dan memiliki luas bangunan 5 kali 7 meter persegi. Keberadaannya padahal bisa menjadi pengobatan awal sebelum pasien berobat ke puskesmas yang jaraknya hampir 3 kilometer jauhnya.
Encep (53) setempat membenarkan jika Pustu itu tidak lagi beroperasi bahkan bangunan pun kadang sering dijadikan gudang. Warga sekitar berharap Pustu kembali beroperasi mesti untuk itu dibutuhkan tenaga pekerja yang maksimal. "Kalau kami sebagai warga ya berharap Pustu itu kembali beroperasi hingga warga tidak terlalu jauh untuk bisa berobat. Padahal sebelumnya warga sempat senang karena ada beberapa tenaga medis yang sudah membersihkan bahkan merapikan bangunan namun hingga kini belum beroperasi," jelasnya.
Senada itu Endang warga Kebon Ceret, Desa Cipurwasari menuturkan jika ada Pustu warga yang berada di wilayah terjauh seperti di wilayahnya bisa berobat di Pustu tersebut. "Hal yang cukup terbantu ya seperti di wilayah kami karena jauh ke Puskesmas. Kalau ada disini kan jauh lebih nyaman dan dekat selain juga kalau disini jadi banyak bidan yang aktif dan pengobatannya akan mengunakan uang yang cukup lebih besar," katanya.
Ketika akan dikonfirmasi terkait Pustu, Kepala Puskesmas Loji Tegalwaru tengah libur. Sementara pihak aparatur puskesmas yang lainnya tidak bisa menjelaskan secara detail. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template