Program Magang Terancam Gagal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Magang Terancam Gagal

Program Magang Terancam Gagal

Written By Mang Raka on Selasa, 21 Maret 2017 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Program pemagangan nasional yang diresmikan Presiden Jokowi di Karawang Industri International City terancam gagal. Dari akhir Desember 2016 hingga kini baru ada 300 orang yang terdata sebagai calon peserta, dari target 5 ribu orang.
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Karawang Fadludin mengatakan, program pemagangan  nasional di Karawang kurang diminati. Selain itu, jumlah perusahaan yang siap menampung peserta magang juga jauh dari target. "Kita kalah oleh Bekasi. Di sana, sudah siap dua ribu peserta," kata Fadludin kepada wartawan, Senin (20/3) kemarin.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang Ahmad Suroto mengatakan, dari ribuan perusahaan di Karawang, baru 41 perusahaan yang siap bekerjasama di program nasional itu. Sehingga untuk mensukseskan program pemagangan, pihaknya akan mengumpulkan seluruh perusahaan, Kamis(23/3) mendatang. "Kita wajibkan lah, masak perusahaan enggak ngedukung program nasional. Target kita kan melibatkan 500 perusahaan. Harus bisa tercapai," kata Suroto.
Meski begitu, program tersebut ternyata dinilai sejumlah pihak sebagai program perbudakan. Sekjen Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (Serbuk) Indonesia menilai program pemagangan adalah kedok pemerintah untuk membayar buruh dengan upah murah. "Para peserta magang itu hanya mendapatkan upah 60 persen dari upah minimun kerja (UMK). Hubungan kerja juga tidak jelas. Hanya dipekerjakan selama 6 bulan," ujar Subono.
Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari menilai program tersebut adalah kesempatan bagi masyarakat Karawang untuk dapat masuk dunia kerja, lantaran pengangguran di Karawang sudah parah dan menjadi potensi kerawanan sosial. "Supaya kemampuan dan daya saing pekerja Karawang dapat memenuhi tuntutan, dan kebutuhan pasar tenaga kerja di tanah kelahiran sendiri," tuturnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template