Petani Legowo Kolam Ditertibkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Legowo Kolam Ditertibkan

Petani Legowo Kolam Ditertibkan

Written By Mang Raka on Senin, 27 Maret 2017 | 14.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Petani Kolam Jaring Apung (KJA) di Waduk Jatiluhur, menyepakati dan legowo rencana penertiban yang bakal dilakukan Satuan Tugas (Satgas) penertiban KJA April 2017 mendatang.
"Kami mendukung atas rencana penertiban yang akan dilakukan oleh pemerintah, karena kami yakin ada kepentingan yang lebih besar dibalik penertiban ini. Selain sebagai sumber air untuk keperluan masyarakat luas, juga sebagai sumber pembangkit listrik," ujar H. Dede Mulyana, salah seorang petani KJA Danau Jatiluhur, kemarin.
Tapi, lanjut dia, selain melakukan program penertiban, pemerintah juga mesti memikirkan solusi dan nasib petani ikan setelah ditertibkan. Karena, sambung dia, harus ada jalan keluar yang digulirkan oleh pemerintah untuk mata pencaharian para petani ikan. "Kami mohon kepada pemerintah memikirkan nasib kami selanjutnya, karena kami juga memiliki keluarga yang butuh penghasilan," pinta dia.
Sementara, Koordinator Satgas Penertiban KJA yang juga Dandim 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana, telah menampung aspirasi para petani ikan dalam sejumlah kegiatan sosialisasi penertiban yang dilaksanakan. Permintaan para petani KJA asli orang Purwakarta, lanjut dia, sudah disampaikan kepada Pemkab Purwakarta. "Saat sosialisasi di tiga tempat, hampir mayoritas petani KJA menginginkan solusi mata pencaharian setelah tidak lagi menjadi petani ikan KJA. Hal ini telah kami sampaikan kepada Bupati Purwakarta," jelasnya.
Setelah melaksanakan sosialisasi penertiban kepada para petani, sambung Ari, para petani ikan KJA bersedia untuk bekerjasama. "Total perwakilan petani KJA dari tiga tempat sosialisasi ada sekitar 2.000 orang, para petani KJA mendukung dan setuju dengan adanya penertiban KJA di bendungan Ir.Juanda. Kami akan melakukan penertiban secara persuasif, artinya mengedepankan komunikasi dengan para petani agar tidak ada konflik dengan para petani KJA," papar dia.
Sosialisasi rencana penertiban KJA di Danau Jatiluhur terus dilaksanakan. Mengingat awal April 2017 Satgas Penertiban KJA akan melaksanakan penertiban. Rencananya, untuk Tahun 2017 Satgas menargetkan 15.000 KJA yang harus ditertibkan dengan memprioritaskan KJA-KJA yang tidak bertuan dan KJA yang rusak serta KJA yang tidak mengantongi izin. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template