Petani Calincing Lirik Robusta Ambon - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Calincing Lirik Robusta Ambon

Petani Calincing Lirik Robusta Ambon

Written By Mang Raka on Senin, 27 Maret 2017 | 12.00.00

TEGALWARU, RAKA - Petani Kampung Calingcing, Desa Cintalaksana mulai menggeluti usaha tanam pohon kopi jenis robusta ambon. Diyakini warga, jenis kopi tersebut akan tumbuh baik di wilayah itu, Minggu. (26/3)

Sekitar 20 petani perbukitan kini secara beramai-ramai coba siasati lahan produktif mereka dengan menanam poho jenis kopi. Menurut pendapat dari beberapa petani selain memiliki pohon yang kuat akar juga mampu menahan erosi tanah. Kontur lahan bukit di gugusan gunung Sanggabuana terutama di Blok Calingcing memang miliki jenis tanah yang cukup baik. Namun karena tanah merah petani khawatir mudah terjadi longsor, maka pilihan menanam kopi dianggap tepat sehingga menjadi sebuah solusi bahkan tanahpun bisa dioptimalisasi menjadi tumpangsari seperti Lengkoas, Jahe, Kacang Tanah, Kunyit dan lain sebagainya.
Menurut petani setempat, Encep (37) dirinya meyakini dengan menanam pohon kopi jenis robusta ambon lahannya akan jauh lebih aman. Dan juga akan merimbunkan areal tersebut oleh pepohonan. "Jika ditanam umbi-umbian tanah mudah gembur jika hujan deras dan besar mudah terjadi longsor maka pilihan taman pohon jenis tersebut cukup memadai," ucapnya.
Hal senada pun diutarakan Jabarudin (39) dengan ketinggian 630 Mdpl jenis pohon kopi mempunyai akar yang cukup baik sebagai pengikat, hingga kontur lahan perbukitan merupakan jenis tanaman yang cukup tepat. "Selain pohon baik juga harganyapun bagus dipasaran dan sekaligus bisa jadi ikon baru di Kecamatan Tegalwaru, hingga pertanian perbukitan di Desa Cintalaksana bukan saja terubuk dan nanti kopi pun bisa menjadi andalan," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template