Perajin Wayang di Klari Ngeluh Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perajin Wayang di Klari Ngeluh Lagi

Perajin Wayang di Klari Ngeluh Lagi

Written By ayah satria on Kamis, 02 Maret 2017 | 17.14.00

KLARI, RAKA – Perajin pembuatan Wayang di Kampung Jatirasa, Desa Duren, Kecamatan Klari, kembali mengeluh. Kali ini dia menilai meski sering dikunjungi pejabat, baik tingkat kecamatan hingga kabupaten, namun belum berdampak terhadap kesejahteraannya.
Bahkan, kondisi ekonomi yang masih terasa menjerat nadi kehidupannya masih dirasa berat. Sementara itu, meski sejumlah pejabat telah berkunjung ke tempat pembuatannya. Akan tetapi, keinginan agar dapat memiliki tempat pembuatan wayang lebih layak tak kunjung terealisasi. “Eunya Minggu kamari ge aya pejabat Ketua Dewan jeung Camat datang ka Abah, cuman abah teu ngadangu aya nu peduli nyieunkeun tempat ker abah nyieunan wayang (Iya belum lama ini, minggu kemarin juga yang datang ketua Dewan DPRD Karawang kesini yang didampingi Camat Klari dan aparat desa. Tapi tetap saja, sampai sekarang tidak ada yang bilang akan membantu membuatkan tempat ya minimal layak untuk saya membuat wayang),” Cetus Ana Sumarna (73) seniman pembuat Wayang diwilayah Kecamatan Klari, Rabu (1/3).
Akan tetapi, lanjut dia, janji yang diberikan para pejabat tersebut nantinya akan segera melakukan perbaikan kediamannya. Padahal hal itu sudah lama terdengar dan memang sedang dalam masa tahapan proses. “Lamun imah abah mah, emang ges diajukeun dek dibeneran ku program Rutilahu. Mun kahayang abah mah, cik tempat nyieunan wayang nu jadi saung abah sapopoe nyieun teh nu lewih layak, meureun abah engke ngajarkeun barudak nu daek nyieun wayang genaheun (Kalau rumah mah sudah diajukan dari dulu juga,dan sekarang sedang di proses tahap perbaikan yang diberikan program rutilahu. Jadi keinginan abah itu seharusnya kedatangan mereka setidaknya melihat kondisi tempat pembuatan yang sudh memprihatinkan bisa dibantu diperbaiki dengan lebih layak. Jadi nantinya disaat ada pemuda yang akan belajar membuat wayang, tempat untuk mengajari mereka lebih layak),” ujarnya.
Ia berharap, Semakin dikenalnya keberadaanya sebagai pembuat wayang dikalangan pemerintah yang berada diwilayah Kabupaten Karawang. Diharapkan mampu meningkatkan perekonomian keluarganya. Dengan meningkatkan hasil penjualannya. “Mudah-mudahan weh, ayeuna tos loba nu apaleun ka abah, jadi hasil pembuatan wayang nu ku abah jieun bisa leuwih rame (Semoga saja, sekarang sudah banyak yang tahu ka abah, jadi bisa menambah penghasilan abah dalam menjual wayang yang abah buat lebih banyak lagi yang pesan),” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template