Pengadaan Blanko E-KTP Tidak Jelas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengadaan Blanko E-KTP Tidak Jelas

Pengadaan Blanko E-KTP Tidak Jelas

Written By Mang Raka on Senin, 27 Maret 2017 | 12.00.00

*Disduk Tidak Bisa Memastikan

KARAWANG, RAKA - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan, masih belum memastikan kapan blanko KTP elektronik (KTP-el) ada di Disduk dan kembali dicetak. Pasalnya sampai saat ini pihaknya masih belum mendapat kabar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait hal tersebut.

"Se Indonesia, masih belum ada kepastian, kapan blanko KTP elektronik kembali bisa di cetak (di disduk)," ujar Yudi, kepada Radar Karawang, belum lama ini. Semua Kepala Disduk saat ini juga menunggu blanko KTP-el tersebut. Karena memang masyarakat sudah terus menanyakan. Meski sebelum adanya blanko, ada surat keterangan dari Disduk sebagai pengganti KTP-el tetapi hal itu tetap saja masih menjadi pertanyaan masyarakat.

"Kami juga menunggu. Tapi tenang saja surat keterangan (KTP sementara) dari Disduk, itu fungsinya sama seperti KTP elektronik," ucapnya. Menurutnya, berdasarkan kabar dari media massa, saat ini di Kemendagri sudah dalam tahap pelelangan bahkan sudah ada pemenang. Tetapi masih banyak tahap yang harus dilalui sampai pada akhirnya blanko tersebut didistribusikan oleh pemenang lelang ke masing-masing dinas kependudukan se Indonesia.
"Katanya sudah ditenderkan dan sudah ada pemenang lelang. Tapi kami fikir masih lama yah," ujarnya. Saat ini di Kabupaten Karawang sudah kembali menjalankan program pelayanan terpadu kecamatan (PATEN), dalam paten tersebut warga yang belum melakukan perekaman dilakukan perekaman.
Meski sudah direkam tetapi warga belum bisa mendapatkan fisik dari KTP-el, tetapi dia memastikan, saat blanko KTP-el sudah ada, maka warga yang sudah direkam tinggal ngambil saja ke Disduk. "Bagi warga yang sudah direkam. Nanti tinggal tukarkan saja surat keterangan (KTP sementaranya) ke Disduk. Kalau sudah mulai pencetakan blanko KTP elektronik," ujarnya.
Oleh karenanya, dia menghimbau kepada masyarakat agar jangan merasa hawatir terkait pencetakan KTP elektronik. Termasuk saat adanya program Paten, dipersilahkan warga untuk mengikuti fasilitas program patin yang disediakan oleh panitia atau tim. "Jangan khawatir, karena ini tidak menjadi persoalan," katanya.
Sementara warga Cikampek Selatan, Kecamatan Cikampek, Teddy, mengaku meski ada surat keterangan dari Disduk sebagai pengganti KTP elektronik, tetapi merasa heran saja kenapa dokumen kependudukan sulit didapat oleh masyarakat. Padahal yang itu merupakan program negara. "Jangankan bikin produk yang canggih. Blanko KTP elektronik saja sampai kehabisan," ucap Teddy sambil terheran-heran. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template